Hadiri Haul Kota Seribu Sungai

Hubungan Batam – Banjarmasin Semakin Erat Saat Wawako Batam Hadiri Haul Kota Seribu Sungai
Tanggal posting October 6th, 2009

oleh: Humas Pemko Batam

BANJAR – Wakil Walikota Batam Ria Saptarika menghadiri peringatan hari jadi Kota Banjarmasin Selasa (6/10) di Lapangan Kamboja Banjarmasin. Kota Banjarmasin telah memasuki usia yang ke- 483 pada tahun 2009. Hari Jadi Kota Banjarmasin diperingati setiap tanggal 24 September. Tapi karena tahun ini tanggal tersebut masih suasana lebaran, maka peringatan secara meriah dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2009 yang sekaligus dilakukan penggalakan ruang terbuka hijau Kamboja. Tujuan dari ruang hijau tersebut sebagai sarana paru-paru kota karena di Lapangan Kamboja yang berada di pusat kota.Ceremony tersebut merupakan puncak peringatan hari jadi, hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pelaksanaan biasanya bertempat di Balai Kota Banjarmasin. Seiring perkembangan zaman, wajah kota seribu sungai ini masih dihadapkan banyak persoalan, sebagai dampak dari dinamika pertumbuhan dan perkembangan aktivitas wilayah perkotaan.Banjarmasin dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sungai.

Oleh karenanya, Banjarmasin dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai. Julukan lain untuk Banjarmasin adalah Kota Bungas. ‘Bungas’ dalam bahasa Banjar adalah ‘cantik’ atau ‘anggun’. Untuk membuktikannya, Banjarmasin selalu berusaha mempercantik diri. Salah satunya dengan menggiatkan penghijauan kota, seperti di Lapangan Kamboja. Hal itu perlu dilakukan karena saat ini kota Banjarmasin baru memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) hanya 10 sampai 12 persen saja. RTH diperlukan untuk mengurangi pencemaran udara.

Kehadiran Ria dalam rangka memenuhi undangan Walikota Banjarmasin Yudi Wahyuni, karena Ria masih memiliki keterikatan darah Banjar. Selain mempererat tali silaturohmi antar kepala daerah dan nantinya akan terjalin kerjasama yang lebih erat antara dua daerah. Seperti beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Kota Banjarmasin menjalin kerjasama pembangunan pemberdayaan pengembangan produk daerah, usaha mikro kecil, menengah dan koperasi dalam rangka pengembangan dan promosi kebuadayaan dan pariwista.

Dengan kehadiran Ria tersebut, Ria berharap akan terjalin kerjasama yang terkait dengan pembangunan antar daerah yang nantinya dapat mensinergiskan dan meningkatkan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan serta efisiensi pemanfaatan dan pengembangan potensi yang mempunyai keterkaitan saling membutuhkan sumber daya maupun dalam hal yang berkaitan dengan sosial budaya.

Rangkaian peringatan hari jadi Kota Banjarmasin diakhiri dengan pagelaran budaya yang berupa pesta rakyat menampilkan seluruh budaya Banjarmasin sebagai promosi pariwisata. Salah satu budaya yang akan digelar nanti malam adalah seni kuda lumping. Turut hadir pula Mensesneg RI Hata Rajasa, mewakil Presiden RI memberikan Satya Lencana KB kepada Walikota Banjarmasin, Amin Rais dan Walikota Blitar Endro Hermono.

Hubungan Batam – Banjarmasin Semakin Erat Saat Wawako Batam Hadiri Haul Kota Seribu Sungai ft : yudiHubungan Batam – Banjarmasin Semakin Erat Saat Wawako Batam Hadiri Haul Kota Seribu Sungai ft : yudi

One thought on “Hadiri Haul Kota Seribu Sungai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s