Kantor Wali Kota Nyaris Terbakar

Senin, 19 Oktober 2009
Server Rusak, Pelayanan Terganggu

BATAM (BP) – Asap hitam tebal mengepul dari kantor Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Lantai VII lalu menjalar ke seluruh lantai di Gedung Pemko Batam, Minggu (18/10) sekitar pukul 16.10 WIB. Kepulan asal bersumber dari terbakarnya switch breaker di ruang server. Akibatnya, semua server milik Pemko Batam down, sehingga pelayanan masyarakat untuk sementara terganggu.

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh anggota Satpol PP yang berjaga. ”Api tak ada, tapi asapnya tebal sekali,” kata Azmi, salah seorang anggota Satpol PP, yang ditemui di lokasi kejadian, kemarin. Melihat asap hitam yang mengeluarkan bau hangus itu, beberapa orang anggota Satpol PP langsung mengambil tindakan. Mereka terpaksa menjebol dinding ruangan server lalu segera memadamkan sumber asap.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika pun memuji keberanian anggota Satpol PP tersebut. ”Kebakaran dapat teratasi tanpa menggunakan mobil PBK. Kalau sampai menggunakan mobil PBK, sudah dapat dipastikan semua server itu akan rusak oleh air,” kata Ria, yang dihubungi sesaat setelah kejadian.

Rai mengatakan, kejadian itu berlangsung tak lama setelah ia menutup acara Jambore On The Air (Jota) di lapangan Engku Putri. ”Saya waktu itu di lapangan lalu ditelepon pegawai Kominfo dan langsung ke sana, apalagi jaraknya dekat,” ujarnya.
Dari penyelidikan sementara, kata Ria, kepulan asap ditimbulkan oleh terbakarnya distribusi switch breaker di ruang server. Kebakaran telah menyebabkan semua server Pemko Batam down, antara lain server SIAK, Server Egov, Server Database SKPD, Server Website, Server Email, dan Server Sateway Internet.

Belum diketahui kapan semua server itu bisa kembali normal. ”Belum dipastikan berapa banyak server yang rusak. Yang jelas, ini menggangu pelayanan masyarakat,” katanya. Untuk itu, Ria telah memerintahkan seluruh jajaran Kominfo untuk segera memperbaiki kerusakan tersebut agar tidak terlalu lama menghambat pelayanan. Pantauan Batam Pos, di kantor Kominfo sendiri terdapat beberapa ruangan antara lain, ruang pengolahan data elektronik, ruang aplikasi dan telematika. Hingga pukul 17.30 WIB kemarin, bau hangus masih terasa, terlebih di Lantai VII Pemko Batam, lokasi kejadian. (why)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s