Layanan KTP Terganggu

Written by anton
Senin, 19 Oktober 2009
Ruang Server Pemko Terbakar

Layanan KTP Terganggu
TRIBUN/ZABUR ANJASFIANTO
BATAM, TRIBUN-Asap hitam mengepul dari lantai tujuh Gedung Pemko Batam, Minggu (18/10) sore. Sebagian besar server data milik pemko yang berada di Ruang Dinas Komunikasi dan Informasi (Komimfo) terbakar.

Kepanikan pun menyeruak. Sejumlah petugas Satpol PP yang sedang berada di pos jaga, lantai satu gedung tersebut segera berhamburan berusaha menyelamatkan perangkat elektronik tersebut. Bahkan, karena pintu di ruang server tersebut terkunci, petugas terpaksa menjebol dinding. Namun, upaya terlambat. Perangkat server KTP Siak (Sistem Informasi Kependudukan), server Egov, server database SKPD, server wibsite, server email dan server gateway internet dipastikan hancur.

Mengenai penyebab kebakaran, hingga tadi malam belum diketahui. Hanya ada dugaan akibat hubungan arus pendek listrik.

Anggota Satpol PP, Azmi mengaku, saat musibah terjadi ia kaget ketika mendapatkan laporan dari salah satu perserta kegiatan Jambore Interantional On The Radio dan Internet yang saat itu berada di halaman Pemko, bahwa terlihat asap hitam mengepul di lantai tujuh. Orang tersebut belum dapat memastikan asal asal karena saat itu sedang sibuk memasang sebuah antena alat komunikasi.

Sialnya, saat Azmi sampai di lantai tujuh ternyata ruangan terkunci. Azmi pun nekad menjebol dinding ruang server dan segera masuk.

Tanpa alat bantu, Azmi langsung mencari sumber api di antara gumpalan asap hitam yang sudah memenuhi ruangan. Ia berusaha memutus kabel yang menjadi sumber kebakaran, sebelum akhirnya datang bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

“Ruang itu (Kominfo) tidak ada orang jadi kita terpaksa menjebolkan dinding ruang server untuk masuk. Setelah satu jam baru ada salah satu staf Kominfo yang datang,” katanya.
Azmi mengaku saat dia masuk ke ruangan sudah tidak melihat adanya api. Hanya bau hangus sangat menusuk hidung. Dia meyakini kalau beberapa kabel sambungan listrik dan kabel data ada yang meleleh dan terbakar.

Sementara itu, staf Infokom yang datang belakangan, sempat marah-marah kepada para wartawan yang hendak meliput kejadian tersebut. Ia kurang sependapat dikatakan server database terbakar.
Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika yang baru saja menutup kegiatan Jambore Interantional On The Radio dan Internet langsung menuju tempat kejadian.

Setelah melakukan pengecekan, Ria mengaku ruang server yang berada di Dinas Kominfo itu sudah tidak layak. Selain ruangannya sempit, juga tidak ada peralatan yang memadahi terkait pengamanan server itu sendiri.

Dia memperkirakan, kalau server itu tidak bisa diperbaiki maka sistem pelayanan KTP Siak akan terganggu. Begitu juga dengan layanan data yang lain.
“Kita sudah meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengecek langsung malam ini (Minggu malam). Jika terjadi kerusakan maka pelayanan KTP Siak akan terganggu,”ujarnya.

Hanya Ria menegaskan bahwa database yang ada tidak hilang karena sebelumnya setiap seminggu sekali telah di-backup.

Kepala Dinas Kependudukan (Disduk) Kota Batam, Sadri Khairuddin mengatakan pihaknya sampai malam tadi belum bisa memastikan kerusakan yang ada. “Belum bisa kita pastikan kerusakannya, karena kita akan mengeceknya Senin ini,” ujarnya.

Mengenai keberadaan database SIAK yang tersimpan di server dia mengatakan masih ada back up data, terutama data-data lama. “Back up data lama mungkin ada, namun kalau data-data yang baru belum kita back-up,” katanya.
Mengenai aktifitas pada Minggu kemarin Sadri mengatakan, pada hari Minggu sebenarnya tidak ada. Jaringan juga dimatikan. (bur/san)

One thought on “Layanan KTP Terganggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s