Ruang Server Kominfo Pemko Terbakar

Senin, 19 Oktober 2009
* Semua Server Tak Berfungsi

BATAM CENTRE- Ruang Server Pemko Batam yang berada di Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di lantai tujuh, kemarin sekitar pukul 16.10 WIB terbakar. Api tidak sempat menjalar ke ruangan lainnya karena seorang petugas Satpol berhasil memadamkan api dengan racun api.
Berita terjadinya kebakaran diperoleh Sijori Mandiri lewat SMS yang dikirimkan langsung Wakil Walikota Batam Ria Saptarika. Dalam SMS itu, Ria menuliskan kebakaran di ruang server yang berada di Kantor Kominfo, persis terjadi setelah penutupan Jambore International On the Radio/internet.

“Akibat kebakaran itu semua server Pemko down atau tidak berfungsi, tapi untung tak disiram dengan air. Di ruang itu tersimpan server SIAK, server Egov, server Database SKPD, server website, server e-mail dan server Gateway Internet. Belum tahu kapan bisa diaktifkan kembali,” isi SMS Wawako tersebut.

Menurut Ria, kebakaran itu disebabkan distribusi switcbreaker terbakar. Akibatnya asap hitam cukup tebal dan bau hangus hampir memenuhi seluruh lantai Pemko.

“Ada seorang anggota Satpol PP kita yang berani. Dia berhasil mengusai dan mengendalikan kejadian tanpa menggunakan air,” ujar Ria seraya mengatakan pada saat kejadian satu unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi untuk mengatasi kebakaran, namun belum sempat menyemprotkan api.

“Kalau memadamkannya menggunakan air, sudah barang tentu seluruh server bisa rusak,” katanya mengucap syukur.

Dari keterangan petugas Satpol PP yang berhasil menjinakkan api, Azmi mengatakan pada saat kebakaran terjadi ia sedang berada di lantai tujuh Pemko. Secepat kilat ia langsung memadamkan api dengan racun api.

“Ini hari libur, jadi tidak ada yang di kantor, semua ruangan dikunci. Sayaa terpaksa mendobrak pintu untuk bisa masuk dan memadamkan api,” ceritanya. (sm/ed)

Advertisements

3 thoughts on “Ruang Server Kominfo Pemko Terbakar

  1. Turut prihatin dengan kejadian ini Pak Ria. Mudah2an dapat dijadikan pelajaran bagaimana menjaga “barang berharga” yang sudah susah payah dibangun. Selain itu tentu saja sudah perlu dipikirkan untuk membuat backup data yang disimpan tidak dalam satu tempat dengan yang aslinya. Atau barangkali sudah ada?

    Selamat bekerja, semoga makin sukses.
    ———
    Hi Pak Andy, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas perhatian dan dukungannya.
    Alhamdulillah amman sebagaimana yg anda harapakan… ini juga berkat ilmu dari Pak Andy 🙂

    Salah hangat
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s