Davao Punya Rodrigo, Batam Punya Ria

Opini Redaksi
Oleh: Hasanul Safri

Batam Pos, Selasa 27 Oktober 2009

DAVAO, Sebuah kota di Filipina memiliki wali kota yang peduli warganya, Rodrigo Roa Duterte.
Seminggu tiga kali, Rodrigo menemui warganya secara langsung untuk mendengarkan keluhan
dan masukan, dari warganya itu lalu dicarikan solusi dan jalan keluarnya.
Beruntunglah warga di Davao memiliki Wako yang peduli.

Di Batam, kita punya Ria Saptarika. Wakil walikota Batam ini juga dikenal suka
mendengarkan curhat warganya. Saya tidak tahu persis bagaimana “sepak terjang” Ria di luar,
apakah dia sering menggelar pertemuan dengan warga Batam atau tidak. Tapi yang saya tahu,
Ria dengan tangan terbuka menerima keluhan dan masukan dari warganya, secara online di internet.

Dia menyediakan sebuah Blog dengan namanya sendiri (http://riasaptarika.com)
yang berisikan informasi-informasi pribadi dan juga informasi seputar-Batam.

Blog nya ini kerap menjadi tempat curhat warga Batam dan selalu ditanggapi.

Setelah era Facebook booming, Ria juga membuka account Facebook dan lagi-lagi,
mejadi tempat curhat warganya. Ada beberapa warga yang saya ketahui mengirimkan pesan
ke account Facebook Ria dan selalu dijawab tanpa harus menunggu lama.

Pengalaman pribadi, kebetulan saya sedang menunggu-nunggu Kartu Keluarga (KK)
yang statusnya di SIAK Online “Dicetak” sejak Juni 2009 1alu hingga Oktober ini,
tanpa perubahan data.

Ingin melihat bagaimana respon Ria, saya pun mengirimkan sebuah pesan kepadanya,
melalui Facebook tentu saja.
Mulanya saya mengira hanya akan mendapatkan jawaban diplomatis yang klise,
sama seperti kepaladinas menjawab pertanyaan.

Tetapi jawaban yang disampaikan Ria temyata mengejutkan.
Selain merespon pesan saya di Facebook, dia juga langsung menugaskan stafnya
untuk mengecek status KK yang saya keluhkan.

Hanya dalam beberapa jam, saya langsung mendapatkan konfirmasi status KK saya
yang ternyata sudah siap untuk diambil, lengkap dengan screenshoot yang dikirimkan Ria melalui Facebook.

Kalau saja semua pejabat di pernerintahan seperti ini, saya yakin surat pembaca di koran
yang isinya keluhan-keluhan akan habis. Karena warga bisa berkomunikasi langsung dengan pemimpinnya. ***

Sumber: Batam Pos, Selasa 27 Oktober 2009

One thought on “Davao Punya Rodrigo, Batam Punya Ria

  1. Blog walking ke websitenya Ria Saptarika, bangga dengan beliau, bukan karena beliau suami saya, tapi karna cerita itu dibuat dan ditulis oleh orang lain… yang terlibat langsung dgn peristiwa itu… dan ternyata pula ia adalah Hasanul Syafri, seorang wartawan Batampos… tulisan ini menjadi manis dibaca karena bukanlah tulisan yang dipesan.

    ***Semoga beliau sukses dalam pencalonan Anggota DPD RI, KEPRI, 9 April 2014 nanti… Aamiin Ya Rabbal Alamiin***
    Ria Saptarika, Calon DPD RI, KEPRI  2014

Leave a Reply

