Deteksi Keaslian dengan Scan

Written by anton
Selasa, 27 Oktober 2009
Pemko Integrasikan Paspor dan SIAK Plus

JAKARTA, TRIBUN – Sistem Informasi Administrasi Penduduk (SIAK Plus) yang selama ini digunakan untuk penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) pada masa yang akan di interkoneksikan dengan system aplikasi penerbitan passport yang dimiliki Imigrasi.

Setelah membicarakan kemungkinan tersebut dengan pihak Imigrasi Batam, pada hari senin (26/10) wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika didampingi Kepala Badan Komunikasi dan Informasi Raja Mukhsin bersama beberapa orang staf teknis melakukan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) di Jakarta.

Rombongan diterima Direktur Sistem Informasi Keimigrasian (Sisinfokim). Dalam sambutannya direktur Sisinfokim menyambut baik implementasi Interkoneksi aplikasi SIAK Plus dengan aplikasi keimigrasian tersebut. Lebih lanjut beliau berharap agar kedua belah pihak melakukan mengintensifkan pertemuan tim teknis yang kemudian dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam kesempatan lain Wakil Walikota Batam Ria Saptarika menyampaikan menyampaikan, maksud dan tujuan pentingnya segera direalisasikan Interkoneksi aplikasi SIAK Plus dan aplikasi Keimigrasian.
Antara lain pihak imigrasi dapat memanfaatkan data yg ada pada SIAK Plus untuk mempercepat pelayanan keimigrasian dengan tingkat akurasi dan security yang tinggi.

Pihak Imigrasi tidak perlu lagi mengetik ulang data-data pemohon, cukup dengan meng scan barcode atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP, maka secara otomatis data-data pemohon akan muncul. Sehingga akan lebih mempermudah penyelenggaraan pelayanan keimigrasian.

Sementara tingkat securitinya juga lebih baik, pihak imigrasi tidak perlu mengecek ke kecamatan jika KTP pemohon diragukan karena KTP yang dipalsukan tidak akan keluar datanya pada server. Bagi Pemko Batam adanya Interkoneksi aplikasi ini dapat lebih melengkapi database kependudukan yg sedang dibangun saat ini, terutama dengan adanya sistem biometrik dan face recognition yg dimiliki oleh imigrasi saat ini.

Rencananya kerjsama tersebut sudah dapat direalisasikan paling lambat akhir 2010. Sebelumnya Pemerintah Kota juga sudah melakukan kerjasama serupa dengan Pihak Kepolisian Poltabes Barelang dalam penerbitan Surat Kelakuan Baik.
Setelah pertemuan acara dilanjutkan dengan peninjauan ruang pusat data keimirasian dan Ruang Server yang menangani data keimigrasian seluruh Indonesia, bertempat di lt 9 Ditjen Imigrasi.(zur)

One thought on “Deteksi Keaslian dengan Scan

  1. Sebuah terobosan yang bagus,, setidaknya tidak perlu ngantri terlalu pagi ,, ato nuggu terlalu lama ato bayar agak lebih untuk sebuah pasport..

    Terima kasih pak Ria , semoga terobosan ini bisa benar benar teimplementasi nantinya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s