Pemko Ajak 13 Perusahaan Bangun Sarana Air

Kamis, 14 Januari 2010
BATAMCENTRE- Pemerintah Kota Batam mengajak 13 perusahaan galangan kapal (shipyard) yang ada di Kawasan Sagulung, mau berkontribusi terhadap penyediaan sarana air bersih di Pulau Buluh, Galang. Penyediaan sarana air bersih ini bisa dilakukan dengan cara memasang pipa dari Sagulung menuju Pulau Buluh.
Ajakan Pemko Batam ini disampaikan Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika sewaktu pembahasan bersama antara Pemko Batam dengan perwakilan pengusaha dan tokoh masyarakat di Kantor Walikota Batam, Rabu (13/1). Dikatakannya, rencana menyediakan sarana air bersih di Pulau Buluh berawal dari kesulitan masyarakat untuk mendapat pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari. Sampai saat ini, untuk memasok kebutuhan air bersih ke Pulau Buluh tetap menggunakan kapal dengan jumlah yang sangat terbatas.

Secara tanggung jawab, penyediaan sarana air bersih di Pulau Buluh memang ada di pundak Pemko Batam. Tapi, karena untuk membangun sarana air ke pulau itu membutuhkan dana yang cukup besar atau mencapai Rp630 juta, maka sebaiknya ada investor untuk membantu pembiayaan secara bersama dari 13 perusahaan yang diundang. Pembiayaan dengan nilai Rp630 juta ini adalah untuk membangun pipa bawah bawah laut dari Sagulung menuju pulau tersebut.

“Pemasangan pipa bawah laut ini bisa dilakukan PT Adhya Tirta Batam (ATB) selaku perusahaan air minum satu-satunya di Batam. Mengenai masalah hukum tentang perubahan sistem kerja PT Adhya Tirta Batam (ATB) ke wilayah di luar ruang lingkup kerjanya, biar Pemko Batam yang mengurus itu,” ujar Ria.

Menurutnya, setelah rencana ini terealisasi dengan bentuk dukungan penuh dari perusahaan, tentang pengelolaan nantinya bisa dibentuk tim khusus Pemko Batam. Terpenting saat ini adalah bagaimana caranya Pulau Buluh itu bisa mendapatkan pasokan air bersih dengan lebih baik.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam, Dendi Purnomo juga mengemukakan, Pulau Buluh saat ini dihuni sekitar 3.000 jiwa dengan kebutuhan air setiap harinya mencapai 574 meter kubik.

“Untuk sementara, pasokan air yang disuplai melalui enam kapal hanya baru tercapai 42 meter kubik setiap hari dengan harga Rp4.500 per meter kubik. Dengan rencana penyediaan sarana air bersih ini tentunya sangat meringankan masyarakat di Pulau Buluh,” kata Dendi.(sm/rl)

6 thoughts on “Pemko Ajak 13 Perusahaan Bangun Sarana Air

  1. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Saya mengajak kepada warga masyarakat Kota Batam dan siapapun yang membaca ajakan ini, termasuk Pak Ria ( shohibul website ), untuk Mendukung dan Selalu mendengarkan Radio Asrama Haji, SHAFA FM, yang bekerja pada Frekuensi 103,5 MHz.
    Harapan saya, Insya Allah Radio ini menjadi Radio Keluarga, Penyejuk Qolbu, yang akan menghantarkan Batam menuju Kota yang Madani.
    Menyajikan Kumandang Adzan Lima Waktu Sholat, Tausyiah KH. Zainuddin Mz, Berita Nasional,Internasional, Islam, Tausyiah Shafa Cahaya Qolbu ( 08.00 – 10.00 ) ajang saling nasehat -menasehati yang menyejukkan hati, Bincang Keluarga Bahasa Melayu, Murottal AlQur’an, Rubrik Kesehatan, Artikel Syiar Islam, Nasyid, Tausyiah Sore Live oleh Ustadz – ustadz Batam, Motivasi dan Renungan..
    Insya Allah dengan dukungan semua pihak .. Radio Ini akan bermanfaat bagi siapapun yang memanfaatkannya.

    Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Moh. Badaruddin Hadi
    ———
    Selamat Pak Badaruddin, atas telah mengudaranya radio Shafa FM, sy sebenarnya penah janji pd Pak Edward, untuk mampir ke sini, tapi belum kesampaian 🙂

  2. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Siapakah yang memulai dan kapan dimulainya siklus hidrologi??

    Ada diskusi dan perdebatan yang menarik ketika pertanyaan ini saya lontarkan ,”untuk memulai siklus hidrologi, lebih dahulu mana antara hujan yang jatuh ke bumi, atau air laut dan air di bumi yang lebih dahulu ada yang kemudian teruapkan menjadi awan yang kemudian jatuh sebagai hujan??”. Pertanyaan ini mirip ketika ditanyakan,”lebih dahulu mana, antara ayam dan telur?”. Ternyata, para ilmuwan dunia dalam kesepakatannyya lebih memilih bahwa siklus hidrologi dimulai dari air laut yang ada terlebih dahulu ada dan diuapkan yang kemudian menjadi hujan, dst..,kemudian terbentuk siklus hidrologi sampai saat ini. Begitukah Allah menciptakan air di bumi??. Jawabannya adalah: salah. Dalam Al Qur’an terdapat sekitar 14 ayat yang menerangkan bahwa ”hujan diturunkan dari langit untuk menghidupkan bumi setelah matinya, sehingga sebelum ada hujan tidak ada sedikitpun air di bumi dan hanya ada batu-batuan saja”. Kami nukil satu ayat dari QS Ar-Rum(30)/24:
    ”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya”.
    Kemudian Allah SWT juga menjelaskan pada bahwa sebelum diturunkannya hujan dari langit,maka status bumi adalah mati;QS An-Nahl (16)/65:
    ” Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya.
    Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda
    (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran)”

    Selain ayat-ayat yang sudah disebutkan diatas masih terdapat beberapa ayat yang menerangkan bahwa Allah SWT yang menurunkan air (hujan) dari langit sehingga terdapat air dan keberlangsungan siklus hidrologi di bumi (misal: QS:2/22 ; QS:6/99 ; QS:10/24 ; QS:14/32). Demikianlah, Al Qur’an selalu merupakan petunjuk bagi orang-orang yang berakal dan beriman.

    disiarkan pada acara SHAFA CAHAYA QOLBU ,
    Rabu, 3 Februari 2010 / 16 Safar 1431 H

    Moh. Badaruddin Hadi
    Radio Asrama Haji Batam
    SHAFA FM 103,5 MHz
    ———–
    Syukron & Jazakallah
    atas tambahannya

  3. Hey! I could have sworn I’ve been to this blog before
    but after reading through some of the post I realized it’s new to me.

    Anyhow, I’m definitely happy I found it and
    I’ll be bookmarking and checking back often!

  4. Have you ever thought about creating an e-book or guest authoring on other blogs?
    I have a blog based upon on the same ideas you discuss and would love
    to have you share some stories/information. I know my subscribers would value your work.
    If you’re even remotely interested, feel free to shoot me an email.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s