Ubah Image Angker, Pemko Bangun Hotspot di Kuburan

Kamis, 14 Januari 2010

BATAMPOS ONLINE – Pemko Batam kembali menambah taman internet (hotspot), Kamis (14/1). Kali ini hotspot di bangun di areal taman makam pahlawan Bulan Gebang, Batuaji. Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika mengatakan, penyediaan taman internet di kawasan itu untuk mengubah citra kuburan.

“Image makam itu kan angker, kita ubah citranya dengan penyediaan taman internet. Jangan hanya alam gaib saja yang ada di sini, tapi juga ada alam maya sebagai tempat orang berinteraksi,” komentarnya, usai peresmian, siang kemarin.

Di lokasi tersebut disediakan dua shelter untuk bermain internet melalui jaringan internet Telkom Speedy, secara wireless. Cukup bermodalkan laptop atau ponsel ber-wifi untuk berinternet sepuasnya di kawasan itu.

Ria mengakui, lokasi-lokasi yang menjadi titik pengembangan hotspot oleh Pemko Batam itu, memang kerap mendapat kritik. Tetapi menurutnya dukungan pada penyediaan sarana tersebut malah terus mendapat dukungan yang lebih luas dari masyarakat.

“Waktu kita pasang hotspot di Belakangpadang juga ada komentar miring. Tetapi belakangan ternyata masyarakat di sana butuh hotspot. Murid sekolah, mahasiswa dan wisatawan yang sedang berkunjung ke sana terbukti memanfaatkan hotspot yang disediakan,” katanya lagi.

Selain di kawasan taman makam pahlawan yang berdekatan dengan kampus Putera Batam dan Unrika, Pemko Batam dan Telkom telah pula membangun taman internet di lapangan Engku Putri Batam Centre, Tiban, Sei Harapan, Sagulung dan Belakangpadang.

Tahun ini rencananya ada tiga titik lagi yang akan dibangun dan biayanya akan dianggarkan melalui APBD Batam.

“Biaya untuk pembangunan hotspot hanya Rp9 juta per tahun, bayangkan dengan APBD yang Rp1,3 triliun. Tahun lalu diajukan 10 titik hotspot di APBD tetapi di tolak semua,” akunya.

Ditambahkannya, saat berbicara manfaat, hotspot yang juga bagian dari pengembangan Batam Digital Island memberikan manfaat yang tidak sedikit. Apalagi, menurut Ria, Batam akan dibangun sebagai e-governance dengan membuka kanal interaksi antara masyarakat dengan pemerintah.

Yang sudah dilakukan ke arah e-governance di antaranya proses KTP secara online dan juga procurement (lelang tender) secara online. Pelayanan terpadu yang terpusat di Gedung Sumatera Convention Center, menurutnya juga sudah menggunakan layanan online dan akan di-upgrade. Selanjutnya, akan dikembangkan pula pungutan pajak (tax) secara online, tetapi menurut Ria masih akan lama baru bisa dikembangkan karena butuh SDM yang tidak sedikit untuk memprosesnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Putera Batam, Adji Djojo yang kampusnya berhadapan persis dengan lokasi taman internet Pemko Batam, mengaku ikut terbantu dengan sarana tersebut.

“Untuk internal kampus kami sudah punya hotspot sendiri, tetapi dengan kawasan lain yang berdekatan dengan kampus, tentu bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk mengakses internet,” komentarnya. (hsl)

13 thoughts on “Ubah Image Angker, Pemko Bangun Hotspot di Kuburan

  1. banyak lokasi hotspot di batam, sayangnya saya tidak punya laptop…. hihihi… ada gak yang mau ngreditin laptop???

  2. cuman kalau di taman pahlawan jadi bagus juga ya soalnya supaya masyarakat ingat jasa2 para pahlawan. Soalnya sekarang banyak orang lupa jasa pahlawan …

  3. dari beberapa komen temen-temen yang tinggal di area batu aji, pak.. taman hotspot malah beralih fungsi menjadi hmmm.. ‘alun² saja’ karena lebih byk warga yg duduk² di sore hari dibandingkan dengan yang mengakses internetnya.. apa iya tuuu pak?
    .-= ryane´s last blog ..si kembar, teh dan susu =-.

  4. Fasilitas Hot Spot di Taman Makam Pahlawan perlu didukung. Tapi kalau maksudnya biar kuburan tidak terkesan angker tentu tidak sesuai. Kuburan memang angker, sebab itu pintu menuju hari pembalasan.

    Semoga pak Ria sedang bercanda dengan ini “Image makam itu kan angker…..”

  5. Kemarin malam iseng-iseng coba ke Hotspot TMP Batuaji, Kayaknya jadi tempat mesum pak, orang pacaran berserakan dimana-mana apalagi lampunya nggak ada/kurang terang dan hotspotnya susah di connect..setelah setting sana-sini baru bisa.Mungkin perlu dikasih panduan cara koneksinya buat yang baru belajar koneksi ke hotspot dan juga security Pak …..Urgent.
    from http://pckuonline.co.cc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s