Ria Minta Masalah Sampah Segera Diatasi

Ria Minta Masalah Sampah Segera Diatasi
Azwan Siap Evaluasi Kontrak Kerjasama

Jumat, 02 April 2010
BATAM, TRIBUN – Wakil Wali Kota Ria Saptarika mengungkapkan kekecewaannya atas pengelolaan sampah oleh PT Surya Sejahtera Envirotech (SSET). Akibat persoalan perusahaan tersebut dengan mitra angkutannya, sampah sempat tidak diangkut sekitar seminggu lebih sehiangga membuat masyarakat kesal.

Padahal PT SSET sudah memenangkan kontrak pengelolaan sampah dari Pemko, dan menyatakan kesiapan menyediakan angkutan sampah. Perusahaan itu juga memungut iuran kebersihan ke masyarakat.

“Saya sangat kecewa dengan pelayanan PT SSET. Saya minta persoalan sampah ini segera diselesaikan,” tegas Ria usai mengikuti pelaksanaan pemusnahan narkoba di Poltabes Barelang, Kamis (1/4).
Dia mengaku tak ingin mendengar lagi ada komplain atau keluhan warga terkait sampah seperti saat ini. Dikatakannya, kekecewaan itu sebagai bagian respon Pemko terhadap keluhan masyarakat soal pengelolaa kebersihan.

“Pokoknya saya tak mau dengar lagi hal-hal seperti ini,” imbuhnya.
Ditanya apakah ada kemungkinan Pemko akan melakukan evaluasi kontrak kerjasama dengan PT SSET, Wawako tidak menampiknya. Namun demikian kata Ria, hal itu bisa dilakukan jika terjadi pelanggaran hukum. Jika tidak, Pemko akan sulit mengambil sikap.

Evaluasi menurut Ria sangat perlu dan harus dilakukan bersama oleh Pemko dan DPRD. Tapi hal itu dilakukan jika persoalan sampah tersebut tak bisa diatasi.

Dikatakannya, persoalan sampah ini terjadi akibat adanya persoalan internal antara PT SSET dengan perusahaan subcon-nya (mitra). PT SSET menunggak pembayaran sewa truk selama tiga bulan sehingga empat mitranya memilih mogok kerja. Masalah itu baru selesai setelah Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Agussahiman turun tangan mempertemukan manajemen PT SSET dan mitranya.
“Masalah interen itu telah dibahas beberapa hari lalu dan sudah ada titik temunya. Pemko sendiri telah membantu persoalan sampah dengan mengerahkan beberapa unit mobil pengangkut sampah,” sebut Ria.

Namun dia menilai wajar jika terjadi masalah dalam proses peralihan atau transisi pengelolaan sampah karena semua manajemennya masih dalam pembenahan. Padahal PT SS sudah setahun mengelola masalah sampah ini.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Azwan, ikut angkat bicara terkait kisrus pengelolaan sampah oleh PT SSET ini. Dia mengharapkan persoalan tersebut segera dapat teratasi sehingga tidak mengganggu palayanan publik.

“Masalah ini adalah masalah publik yang tidak boleh dikesampingkan. Saya lihat PT SSET telah bekerja keras dengan mengangkut sampah 24 jam penuh, bahkan sampai menggerakkan alat berat agar bisa cepat menuntaskan sampah yang menumpuk itu,” ujar dia saat dihubungi Tribun.

Dia menegaskan Dinas Kebersihan juga tidak lepas tangan. Pihaknya telah mengarahkan lima sampai tujuh truk sampah. Namun jumlah armada truk itu tidak memadai. Tambahan pula PT SSET selaku pengelola sampah, baru memiliki sembilan unit truk.

“Kami membantu tidak secara gratis, semuanya sesuai dengan prosedur. Truk-truk sampah Dinas Kebersihan yang diperbantukan tetap dibayar oleh PT SSET, dan uang itu akan masuk ke kas daerah,” jelas Azwan

Tidak hanya membantu, kata Aswan, Dinas Kebersihan juga memberikan batas waktu (deadline) kepada PT SSET untuk menyelesaikan persoalan ini hingga awal April. Namun setelah dirinya memantau kinerja PT SSET, ia yakin persoalan tersebut akan segera selesai.
“Saat ini PT SSET sudah memiliki sembilan armada yang beroperasi, 18 truk lagi masih dalam proses untik segera beroperasi. Kalau kinerja PT SSET tidak maksimal akan kami evaluasi. Tapi saya kira PT SSET akan bisa menyelesaikannya,” tutupnya yakin.(urn/elc)

4 thoughts on “Ria Minta Masalah Sampah Segera Diatasi

  1. Di mana-mana sampah selalu bikin masalah, apa tidak ada aturan yang jelas, apalagi kesadaran masyarakat yang kurang adanya pembuangan limbah ini.
    Ya jadi PR pemerintah dan kita semua.

    ======================
    Wisata di Bali – Sewa Mobil dan Tour murah di Bali

  2. mengatasi sampah yg.tepat dan mesti berhasil dengan teknologi pemusnah sampah,kalo tidak yaaaa seperti sekarang ini,mungkin ke depan juga akan lebih parah.

  3. mau nanya ni pak?truk sampah BP 8865 DC.no.109 tidak mau mengangkat sampah dengan alasan sampahnya berat pak,,!jadi kami perlu tau pak apakah sampah kami harus di sortir dulu atau di timbang dulu baru mau diangkat?padahal tempat sampahnya setengah dari drum itupun tidak penuh.

  4. Hai brigadir christ joy s, sy kira itu tidak benar… mungkin bisa berkordinasi ke Pak RT/RW, kalau perlu pertanyakan keberadaan pemungutan usang samapah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s