SKCK Online Pertama di Indonesia

Written by madi
Jumat, 28 Mei 2010
Poltabes Luncurkan SCKC Corner di Nagoya Hill

SKCK Online Pertama di IndonesiaBATAM, TRIBUN – Polisi terus berupaya mendekatkan berbagai pelayanan ke masyarakat. Bahkan untuk pertama kalinya di Indonesia, masyarakat Batam bisa mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di pusat perbelanjaan.

Wakil Wali Kota Ria Saptarika dan Kapoltabes Barelang Kombes (Pol) Leonidas Braksan meluncurkan langsung ruang SKCK Corner di Nagoya Hill Mall, Kamis (27/5). Masyarakat yang membutuhkan surat keterangan tersebut tidak perlu datang ke kantor polisi, tapi cukup mengurusnya di tempat ini.

Lokasi ruang SKCK online ini berada persis di samping SIM Corner, lantai satu, dekat food court. Pengurusan SKCK Online di tempat ini tidak dikenakan biaya. Pemohon cukup membawa surat rekomendasi dari kecamatan.

“Kami memilih mall sebagai tempat pengurusan SKCK tersebut supaya pelayanan lebih mudah dijangkau. Di samping itu pihak kepolisian juga ingin mendekatkan diri dengan masyarakat,” ujar Leonidas.
Dengan keberadaan ruang ini, masyarakat bisa mengurus sambil berbelanja. Leonidas menambahkan, untuk tahap pertama fasilitas tersebut hanya di Nagoya Hill, namun tidak menutup kemungkinan akan dibuka di mal-mal lainnya dan di Polsek-polsek.

“Kalau ada mal-mal lain mau berkerjasama dengan menyediakan tempat, kami siap mendirikan lokasi pengurusan SKCK online di sana. Hal ini sangat efektif karena memangkas birokrasi yang biasanya harus lewat pengantar RT, RW, lurah, dan sebagainya,” jelas Leonidas.

Dia mengaku selama ini banyak keluhan masyarakat mengenai lamamnya waktu pengurusan SKCK. Cara manual selama ini dinilai tidak efektif dan efisien.

Sementara itu Wakil Wali Kota Ria Saptarika mengungkapkan bahwa program SKCK Online ini merupakan bentuk peningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Terobosan ini benar-benar memangkas birokrasi, hal ini merupakan kebijakan yang diambil antara Pemko Batam dan Poltabes Barelang,” sebut Ria.
Dia juga berjanji untuk menindaklanjuti pengurusan SKCK Online berbasis sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) ini di lokasi-publik lainnya. Bahkan tidak tertutup kemungkinan pengurusan ini dapat dilayani di Polsek-polsek sepanjang ada jaringan telekomunikasi.

Untuk persyaratan pengurusan SKCK Online berbasis SIAK, Ria mengatakan pemohon cukup membawa surat pengantar dari kecamatan, foto copy KTP SIAK, foto copy KK, dan rumus sidik jari. Jika KTP pemohon belum menggunakan KTP SIAK maka harus mengisi formulir (F1).

Persyaratan lainnya yang harus diserahkan adalah, pas foto dengan ukuran 4×6 dengan latar merah sebanyak 4 lembar, dan rekomendasi catatan kriminal. Semua berkas tersebut dimasukkan oleh pemohon ke dalam map berwarna merah.
Sementara untuk mendapatkan rekomendasi catatan kriminal, pemohon harus menyerahkan foto copy KTP SIAK yang masih berlaku dan pas foto 4×6 latar merah sebanyak 2 lembar. Selanjutnya berdasarkan ID yang dimiliki pemohon, petugas akan melakukan pemeriksaan data hasil entry kecamatan. Setelah itu dilakukan pengentrian data, terakhir adalah pengambilan gambar sidik jari.(san)

4 thoughts on “SKCK Online Pertama di Indonesia

  1. Ko tetap panjang birokrasi pembuatan SKCK,Katanya cukup di kecamatan..tpi ko disuruh ke kelurahan dulu.. SKCK ONLINE ko krjanya ribet yh..

  2. Ko antara pusat sm bwahan gak sma…coba cek pak di kec.lubuk baja.
    Ktanya buat SKCK Online cukup di kecmatan-poltabes. Tpi ko di kec.lubuk baja disuruh ke kelurahan dlu.. Ko sm aja panjang birokrasinya pak?..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s