Batam Blogger Community (BBC) Ingin Lahirkan Seribu Blogger

Minggu, 03 Oktober 2010 06:42

Batam Blogger Community (BBC) salah satu komunitas pengguna teknologi informasi dan komputer di Batam. Mereka ini adalah orang-orang yang gandrung menulis di blog atau disebut blogger. Tujuan mereka mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui kegiatan menulis di blog.

BBC punya impian di Batam akan lahir 1.000 blogger baru. Gemar menulis melalui dunia internet salah satu target BBC, sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Batam menciptakan Batam sebagai Digital Island.

‘’Kita ada target kumpulkan seribu blogger di Batam, tapi belum terlaksana. Banyak kendala, masing-masing (anggota) sibuk dan kita kesulitan jaringan,’’ ujar Defanan Syam, anggota BBC di Mega Mall, Kamis lalu.

Untuk bertemu di dunia nyata, para blogger memang sulit. Masing-masing sibuk. Jadi sulit bagi mereka all-out dan membuat program nyata. Mereka justru lebih sering bertemu di dunia maya. Mereka tiap hari berkomunikasi melalui milis. ’’Saat kopi darat, kita bisa cepat akrab,’’ ungkap pria yang biasa disapa Def ini.

BBC saat ini baru memiliki 217 anggota. Mereka adalah pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, penulis, wartawan, hingga pejabat seperti Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika. Namun tidak semua bisa bertemu saat kopi darat karena kesibukan tadi. Mereka biasanya kopi darat di Engku Putri. Setiap pertemuan, perbincangan tak lepas dari soal IT dan program-program yang akan mereka laksanakan.

Meski komunitas dunia maya, BBC punya pengurus dan divisi. Ada divisi humas, divisi kopi darat, divisi bakti sosial, dan divisi edukasi. Namun Def menyebutkan mereka sebenarnya tidak punya program tetap, kecuali kopi darat. Itu pun jarang terlaksana.

‘’Kalau ada satu hal yang kami ingin diskusikan lebih cenderung lewat milis. Kopi darat juga gak tentu waktunya, kalau pengin aja,’’ katanya.

Program edukasi paling sering dilaksanakan BBC, misalnya blogger goes to school dan blogger goes to campus. Di sekolah-sekolah atau kampus, mereka memberikan edukasi tentang blog dan manfaatnya. Kemudian lomba blogging pelajar Batam. Lomba blogger tahun 2009 lalu itu merupakan program terbesar yang pernah dilaksanakan BBC.

‘’Dua program ini (edukasi ke sekolah dan kampus) paling banyak kita laksanakan. Karena tujuan kita memang untuk edukasi, ‘’ jelas pria asal Tanjungbalai Karimun ini.

Selain program sendiri, BBC juga menjadi kreator hadirnya taman-taman hot spot di beberapa tempat di Batam seperti di Engku Putri, Tiban Centre, dan Batuaji. Bagi BBC, tumbuhnya hot spot untuk bermain internet di Batam, sejalan dengan program Pemko Batam; Batam Digital Island. ‘’BBC sangat suport itu,’’ ucapnya.

Sebaliknya, Pemko Batam pun sangat mendukung kehadiran dan program-program BBC sejak awal terbentuk, pada 23 Febuari 2008 lalu. Sebelum BBC, para blogger Batam ini berkumpul dalam Batam Blogger Directori. Dari situ, mereka intens bertemu di dunia maya dan muncul ide untuk kopi darat dan membentuk komunitas.

Mereka saling menghubungi untuk kopi darat untuk pertama kalinya. Pertemuan pertama, 2 Februari 2008, di Mega Mall itu, hanya 13 blogger yang hadir. Dari pertemuan itu mereka sepakat membentuk komunitas Blogger Batam. Ketuanya langsung dipilih saat itu yakni Ridwan Rambe.

‘’Kami membentuk wadah ini untuk silaturahmi dan berbagi pengalaman,’’ kata pemilik blog defanansyam.com ini.

Sepekat membentuk komunitas, para blogger ini tidak langsung meresmikannya. BBC resmi terbentuk setelah kopi darat akbar, 23 Februari 2008. Saat itu Wakil Wali Kota Ria Saptarika juga ikut. Sejak itu, Ria Saptarika sering hadir pada acara-acara BBC sebagai blogger. (ahmadi)

4 thoughts on “Batam Blogger Community (BBC) Ingin Lahirkan Seribu Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s