PK5 HARUS DIFASILITASI

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika punya pandangan berbeda terhadap pedagangan kaki lima (PK5). Menurutnya, para pedagang di tepi-tepi jalan itu harus dipertahankan karena terbukti mampu menghidupkan perekonomian masyarakat.

Menurut Ria, banyak warga yang menggantungkan penghasilannya dengan berjualan kaki lima. Yang penting, kata kandidat Wali Kota Batam usungan PKS-Golkar ini, adalah pemberian fasilitas, penataan dan tempat strategis bagi mereka.

”Justru harusnya difasilitasi. Disediakan tempat yang bagus, bersih, tertib, namun tetap ramai dikunjungi orang,” kata Ria kepada wartawan usai wisuda program Pasca Sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (28/10).

Ria mengaku miris melihat pedagang yang menggunakan trotoar dan dinilai mengganggu ketertiban yang harus kucing-kucingan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) demi menyelamatkan priuk nasinya. Dia berharap, ke depan tidak ada lagi situasi seperti itu.

Menurut Ria, problem kota ini harus diselesaikan secara bijak. Sebab, lanjut dia, bagaimanapun juga banyak warga yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan, termasuk di kaki lima.

”Kalau ada tempat yang lebih layak dan membuat kota ini terlihat lebih rapi, saya yakin mereka tak akan keberatan jika harus pindah. Bagi para pedagang kaki lima ini, yang penting mereka bisa menghidupi keluarganya,” tukas Ria.

Ria sendiri bakal merubah imej pedagang kaki lima dari sebelumnya penggangu ketertiban dan biang kemacetan, menjadi penopang ekonomi rakyat yang memperindah estetika kota.( ros)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s