Kemandirian Masyarakat Pesisir Perlu Dicontoh

Ria Saptarika di pulau
Selasa, 02 Nopember 2010 12:31

Batam,Metro: Sabtu (30/10) siang, Wakil Wali Kota Batam, Ir.Ria Saptarika bersilaturrahmi dengan masyarakat Pulau Bulang Lintang. Kedatangan bakal calon (Balon) Wali Kota Batam ini ke Bulang tergolong mendadak dan surprise bagi warga Bulang.
Namun begitu, Ria mengucapkan terima kasih kepada masyarakat setempat karena telah menyambutnya dengan ramah sekalipun kunjungan tersebut mendadak.
“Inilah budaya kita, budaya Timur, budaya Nusantara yang perlu dilestarikan. Di kota besar, kadang banyak yang sudah lupa dengan keramahan antar sesame,” kata Ria memuji kehangatan dan kemesraan yang ditunjukkan masyarakat Bulang kepadanya.
Ria juga memuji kemandirian masyarakat pesisir yang katanya sekalipun tanpa ada pemerintah, sebenarnya masyarakat pesisir bisa tetap bertahan hidup. Tapi bukan berarti kemudian pemerintah lepas tangan terhadap masyarakat pesisir, justru harusnya pemerintah lebih sering memperhatikan kesejahteraan masyarakat pesisir.
“Saya bangga dengan kemandirian masyarakat pesisir, berbeda dengan di Kota, masyarakat disini bisa mendayagunakan apapun potensi yang ada di sekitar untuk bertahan. Mungkin masyarakat di kota, perlu belajar tentang kemandirian dari masayarakat pesisir,” tegas Ria.
Tidak hanya di masyarakat pesisir tapi juga bagi seluruh masyarakat di Kota Batam. Karenanya, Ria berjanji pemerintah akan terus berupaya untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat.
Dalam dialog yang berlangsung di Musholla Al Mukarrom Temenggung Abdul Jamal itu, warga melaporkan kepada Ria soal kantor kecamatan yang terbengkalai
Menurut warga, bangunan kantor kecamatan tidak difungsikan lagi dalam 2 tahun terakhir. Bulang merupakan salah satu kecamatan di Kota Batam yang terdiri dari 6 kelurahan. “Camat sekarang malah berkantor di Pulau Buluh, padahal pusat kecamatan di Pulau Bulang Lintang,” adu seorang warga kepada Ria.
Akibatnya, untuk melakukan pengurusan surat-surat yang berhubungan dengan kecamatan, warga harus mengurus ke Pulau Buluh yang jarak tempuhnya cukup jauh.
Ria sangat menyayangkan kantor kecamatan, rumah camat dan sekcam yang terbengkalai.
Ria juga mengaku tidak tahu, apa alasan camat tidak mau berkantor di Bulang.“Sekarang ini saya tidak bisa menjanjikan untuk bisa mengembalikan kecamatan di Bulang, karena hal itu bukan kewenangan saya. Tapi insya Allah jika saya naik kelas maka hal itu bisa saya lakukan dengan cepat,” ujar Ria.
Ria juga menyempatkan diri meninjau kantor kecamatan yang terbengkalai itu.(one)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s