Ria : Engku Putri Wadah Kreatifitas Remaja Batam

Ria Saptarika di Hot Spot Engku Putri. Foto Humas Pemko Batam

Laporan Kartika Kwartya, wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Niat Pemerintah Kota Batam membuat area publik di Dataran Engku Putri dengan beragam fasilitas umum, seperti wall climbing, skatepark, lapangan basket, dan hotspot disambut baik oleh Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Letnan Jendral. TNI Rasyid Qurnuen Aquary.

Apresiasi ini disampaikannya saat berkunjung dan melihat secara langsung empat unit wall climb yang sedang dalam tahap pembangunan di lokasi tersebut, Rabu (10/11/2010).

“Letjen Rasyid memberikan apresiasi bagi kita karena bisa membangun wall climb yang sesuai dengan standar internasional,” kata Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika, yang menemani Letjend Rasyid siang itu.

Dalam pembangunan wall climb ini Pemko Batam bekerjasama dengan FPTI Provinsi Kepri sehingga bisa memenuhi standar internasional. Bahkan fasilitas umum ini sudah akan digunakan pada saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tanggal 4 Desember mendatang.

Ria menceritakan bahwa sejarah awal didirikannya wall climb di datarang Engku Putri adalah ketika tahun 2006 terjadi kecelakaan saat ada anak yang terjatuh di wall climb salah satu mal di Batam. Kemudian para pencinta wall climbing “mengadukan” hal ini pada Pemko Batam, dan meminta dibuatkan fasilitas umum khususnya untuk wall climbing.

“Jadi mereka mengeluhkan tidak adanya fasilitas umum untuk wall climbing. Kalaupun ada di kampus- kampus tertentu, sehingga tidak bisa leluasa menggunakannya. Maka mereka meminta dibuatkan fasilitas wall climb ini,” ungkap Bakal Calon Walikota Batam 2011-2016 ini.

Selain memiliki papan panjat dinding berskala internasional, Pemko Batam juga menyediakan skate park yang terbaik kedua di Indonesia setelah Makassar. Menurut tim penilai yang disampaikan Ria, kekurangannya hanya satu medan permainan saja.

“Kalau satu medan skatenya kita tambahkan maka kita bisa jadi yang paling bagus di Indonesia. Dinilai dari medan dan safety-nya,” ujar Ria.

Untuk pembuatan skatepark ini, kata Ria, atas permintaan Batam Skater Community (Baskom). Sehingga bisa dikatakan bahwa pembangunan fasilitas umum ini sebagian besar berdasarkan aspirasi pelajar dan mahasiswa Batam.

Menurut Ria ini semua disiapkan pemerintah dalam rangka memberikan wadah bagi remaja Batam untuk menyalurkan hobinya. Sehingga diharapkan pada akhirnya tidak ada lagi remaja yang terpikir untuk melakukan kegiatan negatif.

One thought on “Ria : Engku Putri Wadah Kreatifitas Remaja Batam

  1. semoga dengan pembangunan area publik bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga agar masyarakat khususnya anak muda bisa berkreatifitas melalui sarana tersebut.. chayo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s