Ria Saptarika: SDM Batam Harus Dibekali Skill

Batam – Walaupun terkenal sebagai kota industri, perdagangan, dan pariwisata, ternyata tingat pengangguran di Kota Batam tergolong tinggi. Banyak lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan, namun putra-putri Batam yang terserap untuk bekerja baru sekitar 30 persen. Sementara 70 persen lagi diisi oleh tenaga kerja yang berasal dari luar Batam dengan proses rekrutmen.

Berdasarkan kajian dan data yang ada, banyaknya SDM yang direkrut dari luar Batam itu dikarenakan perusahan yang ada di Batam hanya menerima tenaga kerja yang ber-skill tinggi. Dan kondisi itu juga didapati Ria Saptarika, calon walikota Batam 2011-2016 saat mengunjungi beberapa perusahaan untuk menanyakan mengapa lulusan Batam belum terserap secara maksimal di banyak perusahaan.

“Saya sengaja mengunjungi beberapa perusahaan karena penasaran, kenapa pengangguran di Batam masih tinggi, padahal Batam adalah kota industri,” ujar Ria saat silaturahim bersama masyarakat Tanjung Buntung, Selasa (30/11).

“Ternyata jawabannya perusahan-perusahaan tersebut hanya akan menerima tenaga kerja ber-skill tinggi. Bahkan ada yang harus sesuai ISO,” jelas Ria.

Untuk itu, salah satu solusinya, menurut pasangan Zainal Abidin pada pilkawako Januari 2011 nanti ini, para SDM di Batam harus diberi training keahlian yang disesuaikan dengan yang dibutuhkan perusahaan di Batam. Ria berjanji akan memaksimalkan fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) di Batam dengan membuka pelatihan-pelatihan keterampilan yang juga dibutuhkan dunia industri. Diungkapkannya, peserta pelatihan tidak perlu mengeluarkan biaya, karena pesertanya mendapat beasiswa dari Pemko Batam.

Ria berpendapat, keberadaan pelatihan keterampilan yang dibutuhkan dinilai ampuh untuk mengatasi masalah pengangguran. Ria berjanji, BLK akan menambah pelatihan yang dibutuhkan dunia usaha namun pelatihan yang sudah ada tetap akan dipertahankan.

“Sekarang diarahkan untuk meningkatkan life skill”, ujarnya

Ria optimis, dalam jangka waktu yang tidak lama, di Batam akan lahir tenaga kerja yang memiliki skill yang mempunyai sertifikat dan siap ditempatkan di dunia industri yang ada di Batam. Ini juga termasuk bagi tamatan SMA/SMK yang tidak melanjutkan ke pergurun tinggi akan kita training agar memiliki daya saing,” janjinya. (hk/fr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s