Pusat Tahan Dana KTP Elektronik

TANJUNGPINANG (BP) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepri Herizal Hood mengatakan, Kepri telah siap melaksanakan penerapan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Namun, karena pemerintah pusat belum mengalokasikan dana operasional, maka penerapan ditunda dulu.

‘’Rencananya awal Januari 2011 ini telah diterapkan. Tapi, pusat belum mencairkan anggaran operasionalnya. Terpaksa, kita tunggu dulu,’’ kata Herizal Hood, Selasa (11/1).

Tahap awal, katanya, ada tiga daerah yang menerapkan, yakni Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang. Herizal memastikan, dalam tahun ini, penerapan e-KTP telah terlaksana di tiga daerah ini.

‘’Yang melaksanakan daerah masing-masing. Provinsi hanya sebagai media koordinator pusat ke daerah saja. Kita yang alokasikan anggaran pusat ke daerah masing-masing,’’ katanya.

Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Bintan Ismail mengatakan, Kabupaten Bintan siap menerapkan e-KTP. Meski, anggaran belum cair, pihaknya telah melakukan proses pemasukan data kependudukan Bintan.

‘’Saat ini, prosesnya tengah berlangsung,’’kata Ismail, kemarin. Beberapa tahapan persiapan telah dilakukan. Seperti, melakukan sinkronisasi data. Tahap ini maksudnya pengecekan data kependudukan di tiap kecamatan yang ada. Pengecekan data ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan data penduduk atau untuk mengetahui adanya data ganda.

Dalam prosesnya, Disduk menemukan update data dari sistem Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang ditengarai ada kekeliruan, terutama dalam proses entri data. Diperkirakan, 600 sampai 700 data penduduk Bintan, katanya, terjadi kekeliruan dalam proses entri data. Seperti kekeliruan penulisan nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta status anak, bagi yang terjadi masalah keluarga.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan Disduk, yakni menghubungkan data pada server yang ada di kecamatan dengan server yang ada di Dirjen Administrasi Kependudukan Pusat.

Tahapan ini diperkirakan akan selesai akhir Januari ini. Setelah Dirjen Adminduk selesai mengecek data dan tidak memiliki permasalahan, data tersebut akan direspon kembali ke daerah.

‘’Respon data itu sudah menerangkan nomor induk tiap-tiap penduduk. Mulai dari penduduk dewasa hingga bayi yang baru lahir sekalipun,’’jelasnya.

Masih kata mantan Kadis Pendidikan Bintan ini, untuk pemberlakuan e-KTP, selain mempersiapkan tenaga operasional, juga disiapkan peralatan pendukung berupa perangkat keras. Di antaranya dengan melengkapi tower di setiap kecamatan untuk mendukung proses yang dilakukan secara online.

Di Bintan, kata Ismail, baru memiliki empat tower. Yakni di Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara, Gunung Kijang, dan Teluk Bintan. Pada tahun ini juga, penambahan tower direncanakan akan diadakan di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Teluk Sebong, dan Toapaya. Sedangkan Kecamatan Tambelan, Mantang dan Bintan Pesisir tetap akan dipasang dengan dimasukkan dalam APBD Perubahan nanti. (zek)

2 thoughts on “Pusat Tahan Dana KTP Elektronik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s