Sadri Pastikan e-KTP Batam Dihentikan

Tribun Batam – Kamis, 14 April 2011 12:32 WIB
tribunnews batam / istimewa
Ditargetkan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dimulai tahun 2011 ini.
Laporan Abd Rahman Mawazi, wartawan Tribunnewsbatam

BATAM, TRIBUN – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam, Sadri Khairuddin, memastikan program e-KTP dihentikan karenakan biaya operasional tidak dianggarkan dalam APBD. Oleh itu, pelaksanakan e-KTP tidak jadi beban kepada pemerintah daerah lagi.

“Daerah wajib menyediakan dana untuk operasionalnya, termasuk untuk sosialisasi kepada masyarakat. Nah ini butuh dana yang besar karena penduduk Batam juga ada di daerah pulau- pulau,” kata Sadri ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/4).

Dari pengalaman beberapa daerah yang telah melaksanakan program e-KTP tersebut, terang Sadri, banyak yang harus dipersiapkan termasuk perangkat-perangkat dan sumber daya manusianya. Dalam masa sosialisasi saja, telah membutuhkan dana yang cukup banyak karena sosialisasi itu harus dilakukan hingga ke tingkat RT dan RW.

Ia menerangkan, ada 197 kabupaten dan kota menadapatkan prioritas menerapkan program e- KTP, dan untuk di Kepri, Batam, Tanjungpinang, dan Bintan termasuk dalam bagian dari 197 daerah tersebut. Namun, dikarenakan Batam belum mampu memenuhi dana untuk operasional tersebut, maka pemko mengajukan pengunduran diri untuk program e-KTP pada 2011.

“Karena hal itulah, kita mengajukan pengunduran diri ke mentri dan dapat dipahami oleh pihak kementrian. Kita berharap agar pada 2012 nanti kita bisa menerapkan e-KTP ini,” tuturnya lagi.

Adapun hal positif dari penerapan e-KTP tersebut adalah untuk keakuratan dan menertibkan administriasi, menghindari data ganda, memperkecil peluang adanya KTP palsu, dan mempermudah dalam pelaksanaan pemilu.

Sementara Camat Bengkong, Umiyati, mengaku siap sedia dalam melaksanakan e-KTP tersebut. Ia sendiri tidak mengetahui prihal pengunduran diri Batam sebagai salah satu daerah yang dalam penerapan e-KTP tersebut.

“Saya belum tahu. Kalau menurut saya itu cukup baik dan memang sebaiknya diterapkan di Batam. Tetapi kami ikut keputusan dari dinas sajalah,” ujarnya

Editor : dedy suwadha

5 thoughts on “Sadri Pastikan e-KTP Batam Dihentikan

  1. Kalau pengurusan e-KTP dihentikan.., itu berarti kita kembali lagi ke kepada kemunduran… seharusnya kita lebih semangat lagi untuk menghadapi tantangan tersebut. karena setiap permasalahan paasti ada jalannya…..

  2. e-ktp batam ga jadi ??.. Yah.. malu dong ama daerah lain yang akan mulai program e-ktp Agustus mendatang… Orang batam pada punya KTP ganda kali.. pss rika hehehe.., * :P* ** Nina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s