Gonggong atau Canarium Laevistrombu

Gonggong atau nama latinnya Canarium Laevistrombus.

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Strombus_canarium.shelll004.jpgUmumnya dikenal sebagai dog conch atau Keong anjing (hiii…) dan disebut juga dengan nama lain Canarium Strombus, ia adalah spesies siput laut yang dapat dimakan, sebuah moluska gastropoda laut dalam keluarga Strombidae.

Gonggong merupakan spesies Indo-Pasifik (red:Wah keren dong karena ada indo nya menandakan ini asli dari wilayah kita khususnya Kepri/Batam), Gonggong hidup pada lumpur dan dasar pasir, memakan makanan dari jenis alga (semacam rumput laut) dan Detritus (Plankton).

Gonggong individu dewasa berwarna terang kekuningan-coklat ke-emasan, memiliki bentuk seperti lingkaran sanggul membentuk kerucut dan bagian depannya seperti bibir merekah serta terdapat lekukan yang stromboid dangkal.

Anatomi eksternal dari bagian-bagian lunak spesies ini mirip dengan siput strombid lainnya, ia memiliki moncong memanjang, mata tipis seperti belalai (eyestalks) dan dapat berfungsi sebagai sensor, dan kaki pipih berbentuk sabit melekat.

Di antara predator dari keong ini adalah gastropoda karnivora seperti Cone snail dan volutes, serta manusia yang mengkonsumsi bagian-bagian lunak dalam berbagai hidangan. (Red: Hmm rupanya saya dan anda juga termasuk predator Gonggong…Hmm.)

Selain dapat dibuat sebagai hiasan, Gonggong ini juga karena berat dan padat sering digunakan sebagai pemberat untuk jaring penangkap ikan.

Gonggong ini bahkan di Batam dan kepulauan Riau merupakan penunjang ekonomi masyarakat, dalam hal untuk dijadikan santapan lezat pada restoran-restoran seafood.  Oleh karena itu dari beberapa studi menunjukkan bahwa mungkin saat ini mengalami penurunan populasi akibat penangkapan berlebihan atau eksploitasi berlebihan. Malacologists dan ekologist telah merekomendasikan untuk melakukan pengurangan eksploitasi.  Baru-baru ini sebuah inisiatif di Thailand sedang berusaha untuk me-reproduksi Gonggong, serta mengembangkan populasi secara alami… wah Dinas KP2 Batam perlu belajar nih!.

Bila tertarik dengan meneliti Gonggong, ini ada sebuah thesis yg bisa dipelajari.

Article Budidaya Gonggong dapat dilihat disini

Anyway semoga article ini bermanfaat.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Laevistrombus_canarium
Sumber gambar:
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Strombus_canarium.shelll004.jpg

 

One thought on “Gonggong atau Canarium Laevistrombu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s