e-Vote di Pemilihan Ketua RW Bikin Lurah Penasaran

Laporan Zabur Anjasfianto, Wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWS.COM, BATAM – Lurah Tiban Lama, Rohimin Hasan penasaran pada teknik pemilihan Ketua RW 05 perumahan Mekar Sari yang menggunakan elektronik voting (e-Vote). Sebelum dimulai pemilihan ketua RW, Hasan sapaan Lurah Tiban Lama ini meminta kepada panitia untuk melakukan simulasi program yang baru pertama kali digunakan di Kepri
ini. Ketua Panita, M Syarif pun langsung menujukkan cara penggunaan e-Vote dalam pemilihan Ketua RW.

Syarif pun langsung memulai dari pendaftaran pemilih. Setiap KTP warga yang memiliki barkode langsung dimasukkan ke dalam program tersebut. Dan kepada warga yang memiliki KTP namun belum ada barkode, panitia sudah menyiapkan barkode kemudian dimasukkan ke dalam program e-Vote.

Setelah terdaftar, maka setiap pemilih yang akan menggunakan hak suarnya terlebih dulu melakukan scanering terhadap barkode KTP-nya. Nama dan nomor induk kependudukan (NIK) akan keluar dilayar monitor komputer. Selanjutnya, dilayar komputer layar sentuh itu, muncul gambar dan nama kandidat ketua RW. Pemilih tinggal pilih gambar kandidat ketua RW dengan menyentuh layar komputer.

Setelah dipilih gambar tersebut dengan menekan jari ke monitor, maka akan keluar perintah yang mengatakan apakah anda sudah pasti memilih nama calon RW tersebut. Jika benar silahkan tekan ya dan tidak jika pilihannya salah.

“Setelah menekan kata ya, maka print out akan keluar kertas yang tertulis nama kandidat RW yang dipilih. Kertas tersebut diambil dan dimasukkan kedalam kotak suara,”ujar Syarif.

Setelah diterangkan, pak Lurah masih belum puas dan dia menanyakan kembali apakah nama warga yang memilih kandidat RW bisa dirahasiakan. Karena dia berpendapat jika setiap warga namanya muncul di sistem komputer serta memilih siapa, berarti tidak rahasia lagi pemilihan tersebut.

Mendapatkan pertanyaan tersebut, Syarif menjelaskan di sistem e-Vote nama warga tidak akan muncul setah memilih kandidat RW. Namun hanya nama kandidat yang dipilih saja muncul.

“Jadi disistem ini kita tidak akan tahu warga memilih siapa dan hanya muncul jumlah presentase
dan sura yang memilih masing-masing kandidat,”ujarnya.

Sementara Ria Saptarika penggagas program e-Vote menambahkan kalau program tersebut sudah pernah direncanakan kementerian dalam negeri (Kemndagri). Namun kendala yang dihadapi database kependudukan masih belum akurat.

“Sistem ini bisa digunakan dalam Pilkada asalkan program e-KTP sudah berjalan diseluruh daerahm karena database akan lebih akurat,”ujar Ria.

Menurutnya sistem e-Vote ini baru digunakan di Batam dan di Bali yang sama-sama memilih ketua RW. Dengan pemilihan ketua RW menggunakan sistem e-Vote inin kecurangan susah dilakukan dalam penghitungan
suara. Karena disistem ini secara otomatis akan langsung mengetahui berapa jumlah suara yang diperoleh masing-masing kandidat.

“Kita persilakan saja siapa yang mau meminjam komputer dalam sistem e-vote untuk pemilihan ketua RW dan pemilihan yang lain. Pemerintah pun bisa mencobanya untuk pilkada,”ujarnya.

Sementara dalam pemilihan ketua RW 05 Mekar Sari, Kelurahan Tiban Lama, Sekupang dari 480 orang jumlah pemilih dan yang menggunakan hak suaranya sebanyak 160 sedangkan sisanya 320 pemilih tidak datang menggunakan hak pilihnya. Didik Raharji memperoleh suara terbanyak yakni 66 pemilih. Kemudian Miswar yang memperoleh 58 suara dan terakhir Eri Yandi mendapatkan 36 suara.

Sumber: http://www.tribunnews.com/2011/06/13/e-vote-di-pemilihan-ketua-rw-bikin-lurah-penasaran

2 thoughts on “e-Vote di Pemilihan Ketua RW Bikin Lurah Penasaran

  1. bagus tu pak tapi sebelumnya BENAHI DULU SDM APARATUR NEGARA YANG KERJA DI BATAM INI .mulai dari jiwa, raga dan rohani. dengan arti mereka itu merasa berkewajiban untuk melayani rakyat bukan beranggapan dilayani rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s