e-Voting Bisa Menghemat Biaya

Selasa, 14 June 2011 00:00

TIBAN- Pemilihan secara elektronik atau e-voting bisa menghemat biaya hingga 70 persen dibandingkan pemungutan suara manual. Sistem ini dijamin lebih murah dan meminimalisir kecurangan.
Cara e-voting terbukti lebih efisien dan menghemat waktu, bagi pemilih sekaligus panitia penyelenggara pemilihan. Salah satu masyarakat yang sudah membuktikan adalah warga di RW 05 Kelurahan Tiban Lama. Meski hanya pemilihan Ketua RW, namun para perangkat setempat ingin mempraktekkan salah satu kecanggihan teknologi serta menekan biaya.

Mantan Wakil Walikota Batam Ria Saptarika yang bermukim di kawasan tersebut mengatakan, pemilihan dengan menggunkan sistem ini (e-voting) hanya membutuhkan biaya sekitar Rp3,5 juta. Namun, biaya itu bisa ditekan kembali, karena alat yang digunakan hanya seperangkat komputer ditambah alat pembaca barcode.

“Jika sistem ini digunakan untuk pilkada, pemilu maupun pilpres maka akan menghemat biaya hingga 70 persen dibanding cara manual seperti sebelumnya,” ujar Ria usai pemilihan Ketua RW 05, Sabtu (11/6) malam.

Selain itu, cara e-voting sangat menghemat waktu dan efisien serta bersih dari praktek kecurangan. Dalam pemilihan di Mekar Sari tersebut, panitia hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari mulai pemilihan hingga akhir penghitungan dengan jumlah pemilih 160 orang.

Ria mengakui jika masih banyak kekurangan di sana-sini menyangkut alat e-voting ini. Namun, ia optimis ke depan sistem pemilihan secara elektronik akan digunakan oleh pemerintah, baik di daerah maupun pusat.(kid)

Sumber: http://www.haluankepri.com/index.php?option=com_content&view=article&id=12833:e-voting-bisa-menghemat-biaya-&catid=1:batam&Itemid=34

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s