Direksi BUMD Tak Akan Dirombak

“Sejak masih kepemimpinan Ahmad Dahlan dan Ria Saptarika, kita juga sudah bersikap dan berulangkali koordinasi dengan pemerintah, tapi tak ada perubahan, ya tidak ada pembenahan,” kata Aris.

Wakil Ketua DPRD Kota Batam Aris Hardy Halim menganggap keberadaan PT Pembangunan Batam tak jelas. Karena itu, DPRD tak akan menganggarkan dana untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu.

“Kami menilai, BUMD Batam sampai saat ini belum jelas keberadaaannya. Kita berulangkali mendesak Pemko merombak direksi, namun sampai sekarang belum ada tanggapan,” ujar Wakil Ketua DPRD Batam, Aris Hardi Halim kepada Batam Pos di Batam Kota, Selasa (21/6).

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan direksi BUMD masih tetap. Ia belum merencanakan merombak direksi BUMD Batam. “Masih yang lama, kita belum ada rencana merombak direktur,” ujarnya, kemarin, di Galang.

Tahun 2002, Pemko Batam pernah menganggarkan dana Rp2 miliar untuk BUMD. Namun karena tak sukses dan anggaran itu tak tersisa, dana untuk BUMD dihentikan.

Aris menambahkan, sudah tiga tahun DPRD menolak anggaran khusus BUMD masuk APBD. “Tidak ada tanggapan, makanya kita tidak akomodir anggaran BUMD ini,” ujarnya.

Aris mengatakan, kini menjabat Direktur Utama BUMD yakni Hari Basuki, sementara komisaris utama, dipimpin Asisten Dua Pemko Batam, Buralimar dan Sekda Batam, Agussahiman.

Dia juga mengatakan, DPRD sudah sering mengingatkan Pemko supaya segera mengadakan RUPS, supaya hasil evaluasi akhir BUMD dapat diketahui, namun tidak dilaksanakan sampai sekarang.

“Kalau kinerja tidak jelas, bagaimana bisa kita akomodir anggaran. Sekarang tergantung rapat umum pemegang saham saja. Kalau ada pembenahan, baru kita akomodir,” ujarnya.

Pembentukan BUMD Batam dilakukan berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2002. Pembentukan BUMD ini awalnya bertujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mampu memberi kontribusi bagi masyarakat Batam.

Terkait dengan keberadaan BUMD juga disebutkan pada pasal 26 ayat 2 perda tersebut, yakni BUMD yang terus merugi selama tiga tahun harus melakukan restrukturisasi, penggabungan atau dibubarkan. (cha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s