Lampu Kuning untuk Bakal Calon Guru PNS (CPNS Guru) di Seluruh Indonesia

Di Penghujung tahun 2011 ini saya tertarik memberi catatan kepada para pe cita-cita Guru PNS, memang jumlah angakatan kerja di Indonesia sunguh luar biasa banyaknya, sementara lapangan pekerjaan begitu sangat terbatas…

Belakangan semenjak reformasi dan amandemen UUD 1945, Pemerintah bemberi perhatian besar pada Peningkatan Kesejahteraaan dan jumlah Guru, saat ini Pemerintah sudah membuka lapangan kereja PNS Guru secara besar-besaran di seluruh Indonesia, dengan demikian berbondong-bondong orang mengambil jalur pendidikan keguruan karena penerimaan CPNS Guru diseluruh daerah di Indonesia sungguh luar biasa….

Contohnya saja di Pemko Batam, pada saat saya menjabat Wakil Walikota Batam, 50% lebih formasi CPNS nya diisi oleh CPNS Guru.

Sekarang bagi masayarakat siapapun termasuk masiswa yang sedang mengambil kuliah keguruan yang ingin jadi Guru PNS, maka harus siap siap menguk air liurnya… Karena Pemerintah rencananya akan mulai menyetop penerimaan Guru PNS, karena Rasio Guru saaat ini menurut Mendiknas M.Nuh, sudah melebihi target… dari target 1:24 sekarang malah sudah 1:14. Cuplikan Beritanya dapat dilihat di kiliping dibawah ini atau baca link ini.

… Nuh menjelaskan, pemerintah punya cara tersendiri untuk dapat mengoptimalkan gaji guru yang telah disalurkan. Yakni dengan cara membenahi jumlah rasio guru. Disebutkan, saat ini rasio guru dan murid di Indonesia adalah 1 : 14. Sedangkan yang ditargetkan adalah 1 : 24.

“Bagaimana caranya? Caranya, para guru harus bisa multy grade teaching. Jadi, satu guru jangan hanya mampu mengajar satu mata pelajaran, tetapi minimal bisa mengajar 2 mata pelajaran. Toh waktu di S1-nya kan tidak diajarkan satu pelajaran saja toh? Kan ada matematikanya dan lainnya,” jelas Nuh

Nuh juga mengatakan, jika cara optimasi guru itu bisa dilakukan, maka jumlah guru di Indonesia bisa direduksi hingga 50 persen. Maka populasi guru pun juga bisa ditahan.

”Begitu bisa ditahan, maka gaji guru di dalam APBN tidak terus membengkak. Sehingga, kenaikan anggaran di APBN 20 persen tidak harus disedot ke gaji guru terus,” ujarnya.

Sumber: http://www.batampos.co.id/index.php/2011/12/30/gaji-guru-batal-dipangkas/

4 thoughts on “Lampu Kuning untuk Bakal Calon Guru PNS (CPNS Guru) di Seluruh Indonesia

  1. salam hangat pak, bagaimana kalo kita alihkan cita2nya jadi pelaut saja, salam dari blogger Berita Kapal
    ———-
    Betul Pak… Industri Kabal di Batam lagi Booming!

  2. secara rasio mungkin sudah melebihi pak, tapi sayangnya belum tersebar merata… karena masih banyak sekolah yg kekurangan guru.. misalnya saja di tanah kelahiran saya papua.

    kalo batam insyallah sudah okelah..🙂

    cmiiw
    ————-
    Setuju Pak Iqbal, walaupun rekrutment guru di lakukan di daerah tapi pemerintah pusatlah yang menentukan jumlah yang bisa direkreut dan diterima di masing masing daerah… nah tentunya masalah pemerataan ini mesti di atur secara terpusat, setidaknya tingkat provonsi.
    Salam kompak selalu.Ria

  3. jumlah guru sudah di luar target, apa kabar target hasil pendidikannya🙂
    ——-
    Hmm… Ya Alhamdulillah, yang tercapai ya tercapai, yang kedodoran kan ada ujian Paket A,B & C hehe..
    Wassalam
    Ria

  4. memang sudah saatnya tidak lagi bicara rasio guru. namun pemerataan dan peningkatan kesejahteraan, khususnya untuk guru-guru di daerah perbatasan.
    saat ini sudah ada gerakan Indonesia Mengajar, seharusnya ini lecutan untuk pemerintah menyoal pemerataan ke daerah pedalaman atau perbatasan yang jauh dari peradaban kota modern.
    percuma kita bicara rasio 1:14 jika guru dalam rasio tersebut tidak berkenan ditempatkan di wilayah yang terpencil.

    semoga Mendiknas mampu berkoordinasi dengan Kemen-PDT sehingga memaksimalkan resource yang ada demi kemajuan bangsa.

    Salam kompak😀
    ————
    Wah setuju sekali Mas Robbe… memang perlu begitu, di Batam saja masih perlu dibenahi nih🙂
    Terimakasih ya atas comment dan buah pikirannya.
    Salam kompak selalu.
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s