Hamil di Luar Nikah Boleh Ikut Ujian Nasional (UN)

Membaca Article ini, saya mendukung thd keputusan Pak Mentri M.Nuh, karena Pendidikan adalah Hak Dasar, Manusia… belum lagi kalau kita bayangkan dampak putus sekolah itu bagi masa depannya… bahkan terhadap kehidupannya… bisa saja karena frustrasi malah menjatuhkan dirinya lebih dalam lagi ke dunia hitam.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana mensosialisasikan ini kepada sekolah & masyarakat termasuk yg berada di daerah terpencil.

Berikut adalah article aslinya:

Mendikbud Jamin Siswi Hamil Tetap Bisa Ikut UN

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh menegaskan bahwa siswi sekolah menengah yang tengah hamil tetap berhak mengikuti Ujian Nasional (UN). Alasannya, hak seorang siswi untuk mengikuti UN tidak boleh dibatasi oleh sekolah.

“Tolong dipikirkan lagi apa sih ruginya arek-arek meteng (hamil, red), arek-arek hamil itu sekolah? Sekarang yang hamil enggak boleh sekolah, lalu yang menghamili? Sudahlah yang gitu-gitu, enggak usah. Yang penting sekolah,” tegas Nuh di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Hal ini diungkapkan Nuh menyusul adanya informasi yang beredar bahwa sekitar 22 pelajar di Indonesia terancam tidak dapat mengikuti UN tingkat SMP dan SMA. 22 Siswa yang dilarang mengikuti UN karena telah melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti hamil, menikah dini, terjerat narkoba dan kasus lainnya.

“Pendapat saya, pendidikan itu hak setiap orang, education for all. Oleh karena itu jangan dibatasi untuk memperoleh pendidikan karena persoalan status, entah status menikah atau belum menikah, status kaya miskin, jangan itu menjadi hambatan untuk mendapatkan hak sekolah,” ujarnya.

Karenanya Nuh meminta pihak sekolah tidak menghakimi para siswa yang tersandung masalah. “Kita ingatkan kepala dinasnya, sekolah itu hak dasar, jangan sampai gara-gara hamil, apalagi ono bojone (punya suami, red,” pungkas Nuh. (flo/jpnn)

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2013/04/02/165552/Mendikbud-Jamin-Siswi-Hamil-Tetap-Bisa-Ikut-UN-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s