PPILN Meminimalisir Kebakaran

Kamis, 25 April 2013 00:00

BATAM CENTRE (HK) – Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) dan Badan Pelaksana PPILN kini hadir di Kota Batam. PPLIN hadir untuk meminimalisir kebakaran  yang disebabkan korsleting listrik arus pendek.
Sesuai rencana, kehadiran lembaga yang merupakan mitra Pemerintah Kota Batam ini, ditandai dengan pengukuhan pengurus dan pelantikan Badan Pelaksana (Bapel) PPILN wilayah Batam di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre, Kamis (25/4) ini.

Ketua Bapel PPILN Batam yang juga ketua panitia pelantikan, Thahiruddin mengatakan, kehadiran PPILN Batam sebagai bentuk komitmen mewujudkan Batam bebas dari kebakaran yang disebabkan oleh sambungan listrik arus pendek yang sering terjadi akhir-akhir ini.

” Ini komitmen kami untuk meminimalisir terjadinya kebakaran karena arus pendek,” ujar Thahiruddin, Rabu (24/4).

Dikatakan dia, sesuai amanat UU No. 30 tahun 2009 tentang kelistrikan, setiap instalasi listrik suatu bagunan wajib memiliki sertifikat layak operasi sebelum bangunan tersebut dialiri listrik dari PLN. Dan, PPILN merupakan badan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengeluarkan sertifikat.

” Kami ini mitra pemerintah, ke depan setiap bangunan wajib memiliki sertifikat layak operasi,” katanya.

Salah seorang dewan pendiri PPILN Batam, Armon Bahar menambahkan, untuk menjadikan Batam bebas dari kebakaran akibat arus pendek, bangunan yang sudah terlanjur dialiri listrik tanpa memiliki sertifikat layak kelistrikan, akan diperiksa ulang dan yang belum wajib memiliki sertifikat sebelum dialiri listrik.

” Bangunan yang terlanjur berdiri, setelah 10 tahun akan kita cek ulang instalasi listrik,” katanya.

Namun, lanjut dia, sebagai mitra PLN, keberadaan PPILN Batam akan melakukan pengecekan dan juga pemberian sertifikat layak operasi untuk bangunan dengan daya 197 kva ke bawah, sementara daya tegangan tinggi akan diberikan sertifikat oleh lembaga lain.

Pengukuhan pengurus dan pelantikan Bapel PPILN Batam, akan dihadiri langsung oleh Ketua PPILN Pusat, H Edi Sayudi yang telah hadir di Batam bersama pengurus lainnya. (ays).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s