Iwan Fals Obati Kerinduan Oi Batam

Minggu, 19 May 2013 00:20

BATAM (HK)-Penyanyi legendaris Indonesia Virgiawan Listianto atau yang akrap disapa Iwan Fals mengobati kerinduan ribuan penggemar beratnya di Batam dalam konser di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (18/5) malam. Konser itu disaksikan ribuan Oi, sapaan penggemar Iwan Fals, yang datang dari seluruh penjuru Kota Batam, mulai dari Batuaji, Sekupang, Bengkong, Jodoh, Batam Centre dan beberapa daerah lainnya.

Dalam konser tadi malam, Iwan Fals secara simbolik memberikan pohon kepada Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Ketua Oi serta mantan Wakil Walikota Batam Ria Saptarika. Ahmad Dahlan sendiri menyerahkan kenang-kenangan berupa batik bermotif gong-gong kepada Iwan Fals.

Para Oi tumpah ruah memadati lapangan di depan Kantor Walikota Batam itu. Mereka terdiri dari orangtua, anak muda, ABG, bahkan ada masyarakat yang datang satu keluarga sambil menggendong anaknya hanya untuk menyaksikan penampilan Iwan Fals. Sejumlah penonton jatuh pingsan akibat berdesak-desakan.

Iwan Fals membawakan total 16 lagu, termasuk sejumlah lagu hitsnya, antara lain ‘Tikus-tikus Kantor’, ‘Umar Bakri’, dan ‘Robot Bernyawa’. Lagu-lagu hits yang dilantunkan Iwan Fals sontak menghidupkan suasana Dataran Engku Putri. Nyaris seluruh penonton yang hadir ikut bernyanyi dan berjoget. Saling berhimpitan dan suasana panas seolah tidak dipedulikan oleh para Oi. Sesekali mobil pemadam kebakaran Pemko Batam menyemprotkan air ke udara untuk mendinginkan¬† penonton.

Selain tembang-tembang lawas yang sudah akrab di telinga para Oi, dalam konser ini Iwan Fals juga membawakan lagu terbarunya yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, salah satunya berjudul ‘Sampah’. Lagu tersebut menceritakan banyaknya sampah yang tidak dikelola secara baik dan maksimal sehingga menjadi permasalahan di banyak tempat.

Kepada para Oi, Iwal Fals menyebut sampah merupakan salah satu penyebab banjir di banyak daerah. Itu pula yang mendorong dirinya untuk menciptakan lagu tentang sampah. “Di tempat saya ada pengusaha yang mengelola sampah sekarang penghasilannya Rp100 juta per bulan. Dan di Batam ini tantangan bagaimana mengelolah sampah bisa menjadi berkah,” kata Iwan dalam prolognya sebelum menyanyikan lagu tersebut. “Sampah jangan diperangi atau dimusuhi karena kemana pun kamu pergi pasti ada dia di situ,” begitu sepenggal bait lagu tersebut.

Rombongan Walikota Sempat Tertahan

Konser Iwan Fals sempat sedikit diwarnai kericuhan antara ajudan Walikota Batam beserta staf Humas Pemko Batam dengan panitia. Masalah bermula ketika rombongan Walikota Batam sempat tertahan dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam tenda untuk mengikuti Walikota. “Cuma Walikota dan beberapa orang saja yang boleh masuk yang lainnya tidak boleh. Karena ini ring satu,” teriak salah seorang panitia yang mengenakan baju putih sembari mendorong sejumlah staf yang mengikuti Walikota. Akibat dorongan itu, kamera yang dibawa salah seorang staf Humas Pemko Batam nyaris rusak karena ikut terdorong hingga tertekan ke pagar besi pembatas.

Sejumlah wartawan dan pewarta foto, termasuk fotografer Walikota Batam yang ikut dalam rombongan Walikota juga sempat tidak diperkenankan masuk. Mereka didorong keluar dari dalam pagar. Ajudan Walikota kemudian berbicara dengan panitia yang kemudian mengizinkan satu orang fotografer Walikota Batam untuk masuk dan mengambil foto.

Insiden juga terjadi ketika salah seorang penonton nekad meloncat ke atas panggung dan langsung berjoget bersama Iwan Fals. Melihat aksi nekad pria itu, aparat keamanan yang terdiri TNI dan polisi langsung mengejar dan membawa keluar pria tersebut dari atas panggung. Tidak lama diikuti beberapa orang lainnya yang juga meloncat masuk dan naik ke atas panggung. Namun kejadian tersebut tidak sampai mengganggu penampilan Iwan Fals yang pada saat tersebut tengah bernyanyi.

Ajak Peduli Lingkungan

Sebelumnya dalam acara Meet and Greet di Hotel Planet Holiday, Sei Jodoh, Sabtu siang, Iwan Fals mengajak masyarakat untuk lebih fokus dalam kegiatan pelestarian lingkungan. “Marilah kita bersama-sama menjaga bumi dan alam Indonesia yang saat ini semakin terancam dan mengkhawatirkan,” kata Iwan Fals.

Menurut Iwan, banyak lagu yang dia ciptakan selama ini berisi kritikan terhadap lingkungan sebab makin terancam dengan pabrik dan industri yang merusak alam sehingga ekosistem lingkungan semakin tercemar. “Masalah lingkungan menjadi ancaman di Indonesia dan dunia. Mari kita bersama-sama selamatkan lingkungan, hutan dan bumi kita,” ujar Iwan yang sudah tiga kali tampil di Batam. (jua/btd)

Sumber: http://www.haluankepri.com/batam/46979-iwan-fals-obati-kerinduan-oi-batam.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s