Hadir dalam Pengukuhan IKMB (Belitung) di Nongsa, Batam

IKMB Kota Batam Dikukuhkan

Senin, 06 January 2014 00:00

Promosikan Objek Pariwisata di Belitung

NONGSA(HK)- Bupati Kabupaten Belitung Timur, dr Basuri Tjahaja Purmana, mengukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB) Kota Batam masa bakti 2014-2019 di Kampung Mangga, Kelurahan Batubesar Kecamatan Nongsa, Batam, Minggu (24/11).
Dr Basuri Tjahaja Purmana, dalam sambutannya meminta para perantau asal Belitung Timur selalu menjaga kekompakan dan tidak melupakan adat leluhur serta selalu menjalin persaudaraan dengan sesama perantau lainnya.

” Peribahasa mengatakan, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Artinya, kita harus tetap mengedepankan kebersamaan di tempat kita tinggal sekarang dan tempat kita berusaha. Tapi, warga perantau juga jangan melupakan adat istiadat daerah asal,” kata Basuri.

Untuk itu, Basuri atas nama pribadi dan Pemerintahan Kabupaten Belitung Timur, menitipkan warga Belitung Timur kepada bapak Walikota Batam, Ahmad Dahlan agar mendapat perlakuan dan perhatian yang sama dengan warga perantau lainnya di Kota Batam ini.

” Prinsip kami warga Belitung, jauh-jauh merantau ke negeri orang tujuannya cuma satu. Yaitu, bagaimana bisa mengubah perekonomian keluarga serta menjadi warga masyarakat yang lebih baik, lebih damai dan tenteram,” papar Adil Wakil Gubernur DKI ini.

Ketua Umum IKMB Kota Batam terpilih, Agus Kursadi dalam sambutannya mengatakan, dengan dikukuhkannya IKMB Kota Batam ini, diharapkan dapat memberikan peran dan kontribusi kepada masyarakat Belitung khususnya serta masyarakat Kota Batam pada umumnya.

Dengan demikian dapat meningkatkan silaturahmi, taraf hidup, kekompakan, harkat dan martabat warga Belitung Timur, dalam peningkatkan perekonomian keluarga dan peningkatan perekonomian serta pembangunan Kota Batam.

” Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan terimakasih atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan warga Belitung Timur Kota Batam kepada saya. Mudah-mudahan, amanah ini bisa saya emban dengan sebaik mungkin untuk dapat berkiprah di warga KBelitung maupun masyarakat Batam lainnya,” kata Agus.

Untuk langkah maupun program IKMB Kota Batamn ke depan, ujar Agus, pihaknya akan mengajak pemerintah Kota Batam dan dinas-dinas terkait untuk bekerjasama dalam bidang mengembangkan objek pariwisata di Belitung, sesuai harapan masyarakat dan Bupati Belitung Timur.

” Kita mengajak warga IKMB Kota Batam ini untuk mempromosikan Belitung Timur dengan jalan bekerjasama dengan Pemko Batam maupun instasnsi lainnya dalam bidang pariwisata. Sebab, di Belitung memiliki potensi wisata alam yang sangat besar untuk dikembangkan dengan objek wisata alam yang sangat indah-indah,” papar Agus serius.

Pembina IKMB Kota Batam, Kompol Wisnu dan Abdul Rahim Shaleh mengungkapkan, semoga keberadaan IKMB Kota Batam ini mendapatkan dukungan dari semua pihak. Terutama partisipasi dan kerjasama dari warga, pembina dan tokoh masyarakat Belitung di Kota Batam.

” Peran serta para pembina, para penasehat, masyarakat Belitung Kota Batam ini, organisasi lintas sektoral maupun pemerintah Kota Batam dan instansi terkait sangat kami harapkan dukungannya,” kata Wisnu.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengaku sangat senang dan bangga atas kekompakan yang ditunjukan para perantau Belitung di Kota Batam. Karena, mereka masih berpegang teguh pada prinsip adat leluhur.

” Setahu saya, belum pernah saya dengar ada warga Belitung yang ribut-ribut di Kota Batam ini. Dari itu, keberadaan warga Belitung di Kota Batam saya nilai cukup baik dan bagus dalam bebagai bidang dan terulah ditingkatkan,” kata Dahlan.

Batam ini, papar Dahlan, memiliki multietnis dan miniatur nya Indonesia. Warga Belitung harus bisa bahu membahu bersama suku bangsa lain mengisi pembangunan. Soal perbedaan, Dahlan menekankan bahwa perbedaan itu justru harus di lihat sebagai sunah dan karunia Tuhan.

” Perbedaan juga bisa menambah spirit, motifasi dan kekompakan kita bersama dalam memajukan Kota Batam kedepan menuju Batam Bandar Dunia Madani,” tukas Dahlan, yang menutup sambutannya dengan pantun.

Tampak hadir pada pengukuhan itu,  Kadis Pariwisata Batam, Yusfa Hendri, Kabag Humas Pemko Batam, Camat Nongsa, Lurah Batubesar, Ketua DPC PBB Kota Batam, Ronni Abdi ST, MM,  para caleg partai PBB Kota Batam dan Provinsi Kepri, calon legislatif DPD RI Dapil Kepri, Ria Saptarika, ratusan masyarakat Belitung, tokoh masyarakat Belitung Timur serta tamu undangan lainnya. (vnr/cw81)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s