Komite I DPD RI melakukan kunjungan kerja ke KPU Provinsi Kepulauan Babel

KUNJUNGAN KERJA KOMITE I DPD KE KPU BABEL
Komite I DPD RI melakukan kunjungan kerja ke KPU Provinsi Kepulauan Babel, senin (10/08). Kunjungan DPD RI dilaksanakan dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan Undang-undang nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan atas UU no.1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Bertempat di Ruang rapat KPU Babel, Ketua KPU Babel, Fahrurrozi membuka pertemuan dengan sambutan yang didampingi komisioner dan jajaran sekretariat KPU Babel.

Anggota DPD RI yang ikut dalam kunjungan ke KPU Babel, Wakil Ketua Komite I DPD RI -Fahrul Razi., MIP (Aceh), Drs. H. A. Hudarni Rani S.H (Bangka Belitung), Syarif, SH, MH (Lampung), Safrudin Atasoge, S.Pd (NTT), Drs. Abdurachman Lahabato (Maluku Utara) dan Yanes Murib., MM ( Papua) dan Ria Saptarika (Kepri).

Hadir sebagai undangan Ketua 4 KPU Kabupaten pelaksana pilkada serentak, KPU Kabupaten Bangka Barat, KPU Bangka Selatan, KPU Bangka Tengah dan KPU Belitung Timur.

Wakil Ketua Komite I DPD RI Fahrul Razi, M.IP mengungkapkan kunjungan DPD RI untuk mendengar informasi persiapan pelaksanaan pilkada serentak yang telah dilaksanakan KPU kabupaten yang melaksanakan pilkada serentak. Pilkada serentak menghadirkan potensi masalah dari awal pendaftaran pasangan calon hingga pelantikan kepala daerah dan wakil daerah yang patut diwaspadai terjadi di Bangka Belitung. Permasalahan yang menjadi pengawasan dari komite DPD I adalah Regulasi yang telah dihasilkan oleh KPU dan Mendgari dan sejauh mana regulasi yang dihasilkan mendukung kebijakan yang telah diterbitkan oleh KPU Kabupaten pelaksana Pilkada serentak, selain itu pengawasan distribusi logistik yang telah dilakukan secara kelembagaan dengan pihak terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak, KPU, Bawaslu, Polri, TNI dan lembaga terkait lainnya, dipaparkan jelas oleh Wakil Ketua Komite I DPD RI Fahrul Razi, M.IP.

Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Komite I DPD RI sebagai salah satu alat kelengkapan DPD RI yang membidangi urusan Pemerintahan Daerah dan yang berkaitan dengan Otonomi Daerah, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor UU No. 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas UU No. 1 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Pengawasan dilakukan sebagai bentuk komitmen Komite I terhadap kelangsungan demokrasi di daerah sekaligus sebagai bahan atau dasar bagi perbaikan penyelenggaraan Pilkada berikutnya.

Hasil yang diharapkan dari kunjungan kerja adalah ; Terinventarisasinya berbagai persoalan aktual persiapan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015; Tervalidasinya berbagai persoalan aktual persiapan Pilkada serentak untuk dapat dipilah sesuai dengan karakteristik persoalan dan lingkup kewenangan DPD RI dalam melaksanakan tugas konstitusionalnya; dan Tersusunnya rekomendasi kebijakan yang bersifat politis dalam bentuk hasil pengawasan DPD RI yang akan ditindaklanjuti sesuai dengan ranah kewenangan DPD RI.

Sumber: http://kpu-babelprov.go.id/index.php/web/berita/detail/57/KUNJUNGAN-KERJA-KOMITE-I-DPD-KE-KPU-BABEL#

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s