Dahlan Puji dua Wakil nya (Ria Saptarika & Rudi)

Dahlan Pamitan

Masa Jabatan Walikota Batam Berakhir

BATAM (HK)–Walikota Batam Ahmad Dahlan pamit. Pamitan Dahlan ini lantaran masa jabatannya sebagai Walikota Batam berakhir, Senin (29/2). Dahlan pamitan didampingi Walikota Batam terpilih Rudi saat apel terakhir di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam, Kepri, kemarin.

Saat pamitan, terlihat Rudi mengiringi langkah Ahmad Dahlan dari belakang. Sementara ribuan pegawai tampak terharu menunggu untuk bersalaman dengan Dahlan yang genap memimpin Batam selama lima tahun.

Dahlan sebelumnya terpilih bersama wakilnya HM Rudi, yang kini bakal melanjutkan masa kepemimpinannya. Rudi terpilih bersama Amsakar Achmad dalam Pilkada Serentak pada 9 Desember lalu.

Di akhir masa jabatanya baik Dahlan maupun Rudi saling memuji setelah bekerjasama dalam waktu lima tahun.

Dahlan banyak menitipkan pesan kepada Rudi yang akan menjadi Walikota Batam selanjutnya. Duia pun meminta kepada seluruh pegawai yang hadir bisa mendukung Rudi-Amsakar dalam bekerja.

“Saya berharap semua pegawai, ke depan bisa bersinergi dengan walikota dan wakil walikota terpilih untuk membangun Batam,” ujar Dahlan usai apel.

Sebaliknya, Rudi pun mengungkapkan pujiannya kepada Dahlan yang dinilai penyabar serta mampu mengayomi bawahannya? layaknya  orangtua dan anak.

Dahlan menurut dia, mampu menempatkan diri sebagai bapak, abang, hingga teman kepada semua bawahannya.

“Ini faktor usia beliau juga jadi bisa menyesuaikan. Kalau ada pegawai yang salah, pak Dahlan mampu merangkul seperti anak. Meski salah, beliau yah seperti orangtua yang lihat anaknya salah. Biasanya mengalah, kami anak-anak ini justru yang ribut. Memang sabar sekali. Kan jarang ada pemimpin yang bisa begitu,” ungkap Rudi.

Terkait dengan belum dilantiknya Rudi-Amsakar, Ahmad Dahlan menyatakan harusnya Plt tetap ada karena dirinya telah habis masa jabatannya.

“Masa jabatan saya kan habis hari ini (kemarin). Harusnya ada Pelaksana Tugas (Plt). Kita usulkan gubernur untuk ?menunjuk Sekda sampai walikota dan wakil yang baru dilantik nanti,” ujar Dahlan. Ia  berharap, usai masa jabatannya dengan Rudi berakhir, maka esok (hari ini) langsung ada pelantikan pimpinan yang baru. Namun karena adanya ketentuan yang mengikat dari pemerintah pusat, maka pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk itu.

“Ada tenggat waktu antara walikota periode sekarang dengan pelantikan ?walikota yang terpilih. Padahal kita berharap sebenarnya setelah habis masa jabatan saya, langsung dilantik yang baru. Tapi secara substansi nggak masalah, ada Sekda yang ambil alih. Pemerintahan harus tetap berjalan. Kita pun sudah berusaha, tapi nggak bisa. Pusat sendiri belum ada berita soal pelantikan,” kata Dahlan.

Puji Dua Wakil

Diakhir masa jabatannya, Ahmad Dahlan membuka cerita perbedaan kinerja antara dua pejabat, Ria Saptarika dan Rudi, saat menjadi wakilnya sebagai walikota selama 10 tahun menjabat.

Kata Dahlan, ada sedikit perbedaan ketika ia bekerja bersama Ria Saptarika (periode 20016-2011) dan Rudi (periode 2011-2016). Disebutkannya, dalam menjalankan ntuda pemerintahan, Rudi memiliki nilai lebih. Sebab Rudi lebih pada membangun komunikasi di lapangan ?atau di tengah-tengah masyarakat. Sementara ia dan Ria Saptarika karena berbeda partai, sehingga mereka harus mengambil sesuatu harus sesuai kebijakan partai.

“Jadi kalau saya dan Rudi dari segi partai, kami sama-sama satu partai, jadi tidak masalah.  Kalau segi pemerintahan tidak ada masalah, cuma pak Rudi lebih banyak di lapangan. Itu poin, makanya Rudi terpilih. Kalau dengan Ria Saptarika kami berbeda partai jadi saat kami harus mengambil sesuatu tentu sesuai kebijakan partai,”kata Dahlan.

Ia juga  berpesan kepada Rudi agar bisa membawa Partai Demokrat sebagai ketua partai Demokrat Batam yang baru. Begitu juga dengan Amsakar, Wakil Walikota Batam terpilih.
Dahlan mengatakan, sebagai anak buahnya dulu, Amsaka?r dinilai sosok yang bertanggung jawab serta tidak banyak bicara.

“Amsakar dulu sebagai Kepala Bagian Umum dan terakhir jadi Kepala Dinaas Perindustrian dan Perdagangan.  Tapi sekarang beliau jadi Wakil Walikota, itulah nasib,” katanya.

Di mata Dahlan sosok Amsakar adalah tidak banyak bicara, lebih fokus bekerja. Dahlan pun mengaku bangga dan makin percaya bahwa pembangunan Batam akan berkesinambungan di bawah kepemimpinan Rudi-Amsakar. Dia pun meminta masyarakat mendukung keduanya, apalagi tantangan Batam ke depan pun luar biasa di era MEA ini. (par/btd/net)

Sumber: http://www.haluankepri.com/batam/88276-dahlan-pamitan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s