Komite III DPD RI Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam

Batam, Jamkesnews – Dalam rangka kunjungan kerja, Ria Saptarika selaku Anggota Komite III DPD RI menyambangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam pada Rabu (20/05). Kunjungan tersebut menurutnya merupakan serap aspirasi terkait implementasi program JKN-KIS yang sengaja ia lakukan dalam masa reses.

“Kebetulan sekarang sedang masa reses, jadi kunjungan saya ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program JKN KIS di daerah,” kata Ria.

Ria dalam kunjungannya menanyakan beberapa hal. Salah satunya adalah tentang kebijakan BPJS Kesehatan terkait pekerja yang terdampak Covid 19 dan tidak bisa membayarkan iurannya. 

“Saya harap BPJS Kesehatan memiliki kebijakan khusus terkait hal tersebut, mengingat di Batam ini cukup banyak pekerja dari sektor industri,” kata Ria.

Selain hal tersebut, Ria juga menyinggung terkait kerjasama BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan yang ada di Kota Batam. Anggota DPD dapil Kepulauan Riau tersebut berharap BPJS Kesehatan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan fasilitas kesehatan sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Batam, khususnya peserta JKN-KIS.

Irfan Rachmadi selaku Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik yang hadir dalam forum tersebut mengatakan bahwa terkait pekerja terdampak Covid 19, memang belum ada relaksasi terkait peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia mengatakan bahwa ketentuan relaksasi baru diberlakukan untuk peserta yang membayar iuran sendiri.

“Karena ada pandemi Covid 19, peserta PBPU yang menunggak dapat mengaktifkan kepesertaannya dengan membayarkan iuran selama 6 (enam) bulan saja, tapi untuk PPU belum ada,” Kata Irfan.

Terkait kerjasama dengan faskes, Irfan mengatakan bahwa jika dilihat dari banyaknya faskes yang mengajukan kerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan untuk melayani peserta JKN-KIS, bisa dikatakan kerjasama tersebut memberikan dampak tersendiri bagi faskes.

“Banyak faskes yang mengalami kemajuan setelah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Pak dan pengajuan kerjasama juga terus berdatangan,” ungkap Irfan.

Dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 1.044.915 dari total penduduk Kota Batam 1.227.957 atau sekitar 93.92% penduduk Kota Batam yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tentunya ada kepercayaan masyarakat Kota Batam kepada BPJS Kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan untuk peserta dan keluarganya dan tentinya hal tersebut juga berkat dukungan dari pemerintah daerah.

Sumber: https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/bda/21192/20200520/komite-iii-dpd-ri-kunjungi-kantor-bpjs-kesehatan-cabang-batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.