Anggota DPD RI Ria Saptarika Tolak Tegas Pembahasan RUU HIP

IDNNews.id, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Perwakilan PRovinsi Kepri, Ria Saptarika dengan tegas menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Mengingat, larangan ideologi marxisme-komunisme yang tertuang dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Tap MPRS) Nomor XVV Tahun 1966 tentang pembubaran Partai Komunis Indonesia, tidak dimasukkan dalam konsideran RUU Haluan Ideologi Pancasila.

“Dengan tidak memasukkan TAP MPRS Nomor XVV Tahun 1966 Sebagai konsiderannya, sehingga seakan-akan tidak menjadikan lagi PKI sebagai bahaya laten. Dan hal ini secara tidak langsung bentuk pengabaian terhadap fakta sejarah yang kelam dan memilukan, sehingga sama artinya dengan menyetujui penghianatan terhadap bangsa ini. Untuk itu, saya dengan tegas menolak RUU HIP tersebut,” jelas Ria Saptarika.

Ria Saptarika
Ria Saptarika

Ia pun menegaskan menolak tegas dan akan menggalang dukungan dari berbagai pihak.

Hal senada juga diungkapkan Hasan Basri, Anggota DPD RI perwakilan Kalimantan Utara yang mengatakan bahwa Pancasila telah final sebagai Ideologi. Dan dasar NKRI tak perlu lagi dirancang menjadi sebuah RUU HIP, karena justru itu akan mendistorsi substansi dan makna nilai-nilai Pancasila, sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD Tahun 1945.

“Kita semua harus bisa memaknai dan memahami bahwa pembukaan UUD Tahun 1945 dan batang tubuhnya, telah final sebagai tafsir dan penjabaran paling komprehensif dari Pancasila, adanya tafsir baru dalam bentuk RUU HIP justru telah mendegradasi eksistensi Pancasila sebagai Idiologi dan jati diri Bangsa Indonesia,” tegasnya. (Iman Suryanto)

Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP)
Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP)

Sumber: https://www.idnnews.id/2020/06/15/anggota-dpd-ri-ria-saptarika-tolak-tegas-pembahasan-ruu-hip/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.